PERAN PENGELOLA DALAM PROSES LAYANAN PEMBELAJARAN KURSUS SETIR MOBIL DI LPK GASSEBO BOJA, KENDAL


Febi Handika , 1201416080 (2020) PERAN PENGELOLA DALAM PROSES LAYANAN PEMBELAJARAN KURSUS SETIR MOBIL DI LPK GASSEBO BOJA, KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PENGELOLA DALAM PROSES LAYANAN PEMBELAJARAN KURSUS SETIR MOBIL DI LPK GASSEBO BOJA, KENDAL]
Preview
PDF (PERAN PENGELOLA DALAM PROSES LAYANAN PEMBELAJARAN KURSUS SETIR MOBIL DI LPK GASSEBO BOJA, KENDAL) - Published Version
Download (793kB) | Preview

Abstract

Peran pengelola dalam proses layanan pembelajaran yaitu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan warga belajar. Namun pengelolaan lembaga LPK Gassebo Boja tidak selamanya berjalan secara maksimal dan masih banyak kekurangan. Proses layanan pembelajaran yang di lakukan tutor kurang maksimal dikarenakan kompetensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengelola dan kendala yang dihadapi dalam proses layanan pembelajaran di kursus setir mobil LPK Gassebo Boja, Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode untuk mengumpulkan data. Peneliti melakukan observaasi yang bersifat partisipatif dalam penelitan ini, dalam kegiatan wawancara peneliti mewancarai 2 subjek yaitu 2 orang pengelola di lembaga LPK Gassebo Boja, 6 informan, 4 orang sebagai warga belajar yang sedang mengikuti pelatihan dan 2 orang sebagai tutor lembaga LPK Gassebo Boja, Kendal. Dokumentasi diambil dari foto kegiatan pembelajaran kursus setir mobil, teknik keabsahan data peneliti yaitu triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini sudah menunjukan bahwa pengelola di lembaga LPK Gasebo Boja, Kendal telah memenuhi layanan pembelajaran yang efektif karena telah memenuhi syarat dimensi untuk memberikan layanan yang baik yaitu ada 5 dimensi yang harus terpenuhi untuk menjamin pelayanan pembelajaran yaitu Tangible, Reliability, Responsive, Empathy, Assurance. Pengelola memberikan layanan pembelajaran lewat tutor di lembaga kursus setir mobil LPK Gassebo Boja, Kendal, juga tidak menjamin akan bisa atau tidaknya warga belajar dapat menyetir karena tutor juga memiliki kendala pada saat memberikan materi yaitu warga belajar yang memiliki daya tangkap yang kurang atau kurangnya pemahaman untuk memahami materi serta umur warga belajar yang sudah tua hal tersebut menjadi kendala tutor LPK Gasebo Boja, Kendal. Simpulan yang dapat diambil adalah sebagai kursus yang sedang berkembang peran yang dilakukan pengelola lewat tutor setir mobil sangat penting dalam kursus ini, tidak hanya pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran saja tetapi juga meliputi pada persiapan media yang digunakan untuk kursus sampai dengan melakukan penilaian hasil belajar warga belajar. Peran pengelola dalam layanan pembelajaran di kursus setir mobil LPK Gassebo Boja, Kendal memiliki kualitas tinggi karena telah memenuhi lima dimensi layanan. Saran yang diberikan guna mengatasi masalah warga belajar yang kesulitan saat menguasai keterampilan agar menambah jumlah pertemuan jika dirasa kurang. Tujuannya agar keterampilan yang dibutuhkan warga belajar dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelola, layanan, pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2020 19:52
Last Modified: 22 Apr 2020 19:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35924

Actions (login required)

View Item View Item