PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI BASIC STANDARD TOOLS DI SMK NEGERI 2 KENDAL


Faizal Fatkhurohman , 5202415036 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI BASIC STANDARD TOOLS DI SMK NEGERI 2 KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA  PADA KOMPETENSI BASIC STANDARD TOOLS DI SMK NEGERI 2 KENDAL ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI BASIC STANDARD TOOLS DI SMK NEGERI 2 KENDAL ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi BST (Basic Standard Tools) yang jumlah alatnya banyak dan bervariatif merupakan salah satu kompetensi dasar yang perlu dipahami siswa karena sangat berkaitan dengan materi yang ada pada matapelajaran pekerjaan dasar otomotif, karena begitu banyaknya cara penggunaan dan perawatan jenis alat sehingga cenderung sulit untuk dipahami siswa, salah satunya karena kurangnya sumber belajar yang lebih variatif dan menarik, yang menyebabkan nilai rata-rata siswa kurang dari KKM. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-Modul untuk meningkatkan hasil belajar (pemahaman) siswa, mengetahui kelayakan, dan tanggapan siswa terhadap E-Modul BST yang dikembangkan. Model pengembangan E-Modul ini menggunakan pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Desain penelitian yang digunakan adalah PreExperimental Design (nondesign) dengan model eksperimen one group pretestposttest design. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara pretest dan posttest, kemudian selanjutnya uji n-gain untuk ranah kognitif agar diketahui peningkatan hasil belajar masuk dalam kategori rendah, sedang, atau tinggi. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa E-Modul BST yang dapat membantu siswa dalam memahami dan menerapkan materi BST dengan baik. EModul ini memiliki gambar, video, audio, dan animasi didalamnya sehingga lebih menarik dan variatif. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 28,11 untuk ranah kognitif, dan 32,11 untuk ranah psikomotorik. Uji-t menunjukkan nilai thitung= 12,421 dan 13,830 > ttabel= 2,040. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji N-Gain= 0,603 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 91,25% untuk ahli media dan 85,90% untuk ahli materi, sehingga E-Modul yang dikembangkan memenuhi kategori sangat layak. Analisis tanggapan siswa terhadap E-Modul diperoleh sebesar 92,03% termasuk kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan E-Modul membantu siswa dalam memahami materi BST.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, BST, E-Modul, Pemahaman
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Apr 2020 14:52
Last Modified: 01 Apr 2020 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35480

Actions (login required)

View Item View Item