KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA BUDAYA ACEH DENGAN DESCRIPTIVE FEEDBACK


FRIANTIANI SAFITRI, 0401517074 (2020) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA BUDAYA ACEH DENGAN DESCRIPTIVE FEEDBACK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FRIANRIANI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Safitri, Friantiani. 2020. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Budaya Aceh dengan Descriptive Feedback”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II Dr. Zaenuri, S.E, M.Si, Akt. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Kognitif, Problem Based Learning, Etnomatematika, Descriptive Feedback. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Model PBL bernuansa etnomatematika dengan descriptive feedback salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis keefektifan model PBL bernuansa budaya lokal Aceh dengan descriptive feedback efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) menganalisis karakter cinta budaya pada pembelajaran PBL bernuansa budaya Aceh dengan descriptive feedback dengan karakter cinta budaya pada pembelajaran discovery learning, (3) menganalisis karakter cinta budaya sebelum dan sesudah pembelajaran PBL bernuansa budaya Aceh dengan descriptive feedback, (4) menganalisis pengaruh karakter cinta budaya terhadap kemampuan pemecahan masalah, (5) menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif setelah diterapkan pembelajaran PBL bernuansa budaya Aceh dengan descriptive feedback. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sequential mixed methods) tipe sequential explanatory (metode urutan pembuktian). Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah true experimental dengan desain Pretest-Postest Control Group. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Samudera. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksprimen yang dikenai pembelajaran PBL bernuansa budaya Aceh dengan descriptive feedback dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dikenai pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian kualitatif sebanyak enam siswa yang diperoleh dari hasil tes GEFT gaya kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran PBL bernuansa budaya lokal Aceh dengan descriptive feedback efektif, (2) cinta budaya lokal lebih baik pada pembelajaran PBL bernuansa budaya Aceh dengan descriptive feedback, (3) rataan cinta budaya lokal setelah diajarkan dengan pembelajaran PBL bernuansa budaya Aceh dengan descriptive feedback lebih baik daripada sebelum pembelajaran, (4) terdapat pengaruh cinta budaya siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 39,7%, (5) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah dengan baik. Siswa dengan gaya kognitif field dependent belum memenuhi semua indikator pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Kognitif, Problem Based Learning, Etnomatematika, Descriptive Feedback.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Mar 2020 18:11
Last Modified: 19 Mar 2020 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35305

Actions (login required)

View Item View Item