KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN WEB VIDEO


Kristina Handayani , 0401517075 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN WEB VIDEO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_KRISTINA_HANDAYANI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (26MB) | Preview

Abstract

Handayani, K. 2020. ―Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy pada Model Project Based Learning dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Web Video‖. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Scolastika Mariani, M.Si., Pembimbing II Dr. Mohammad Asikin, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Project Based Learning, Pendekatan Realistik, Web Video. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis efektifitas pembelajaran model PjBL dengan pendekatan realistik, (2) menganalisis efektifitas pembelajaran model PjBL dengan pendekatan realistik berbantuan web video, (3) perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (4) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self efficacy pada model PjBL dengan pendekatan realistik berbentuan web video. Metode penelitian ini adalah metode mix method dengan desain sequential explanatory. Populasinya yaitu kelas VII SMP Negeri 1 Bae Kudus dengan 3 kelas sampel, yaitu dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) model PjBL dengan pendekatan realistik efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan ketuntasan klasikal mencapai 75% dan pengaruh self efficacy sebesar 39,1%, (2) model PjBL dengan pendekatan realistik berbantuan web video efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan ketuntasan klasikal mencapai 75% dan pengaruh self efficacy sebesar 53,6%, (3) rataan kemampuan komunikasi matematis dua kelas eksperimen sama, hanya saja rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis pada model PjBL dengan pendekatan realistik berbantuan web video lebih tinggi yaitu sebesar 74,81, sedangkan rataan kemampuan komunikasi matematis pada dua kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda, (4) rata-rata skor terendah pada ketiga kategori yaitu pada indikator written text menuliskan kesimpulan dengan bahasa sendiri. Temuan dalam penelitian ini yaitu terdapat siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang pada kategori self efficacy tinggi dan terdapat siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi pada kategori self efficacy sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Project Based Learning, Pendekatan Realistik, Web Video.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Mar 2020 14:21
Last Modified: 03 Mar 2020 14:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35127

Actions (login required)

View Item View Item