KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK


NIKMAH NURVICALESTI, 0401517029 (2020) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_NIKMAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurvicalesti, N. 2020. “Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Regulated Learning (SRL) Peserta Didik pada Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dengan Pendekatan Realistik.” Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Walid, S.Pd., M.Si., Pembimbing II Dr. Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi), S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Literasi Matematika, Self-Regulated Learning, SQ4R, Pendekatan Realistik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematika dan self-regulated learning peserta didik. Pembelajaran SQ4R dengan pendekatan realistik merupakan upaya untuk memperbaiki kemampuan literasi matematika dan self-regulated learning peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui efektivitas kemampuan literasi matematika; 2) mengetahui efektivitas self-regulated learning (SRL); 3) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dan self-regultaed learning peserta didik; dan 4) menganalisis kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal kemampuan literasi matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu mixed method, strategi sequential explanatory, dan desain penelitian the nonequivalent pretest-postes control group. Variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan literasi matematika dan SRL. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIG dan VIII-H. Subjek penelitian ini dipilih secara purposive sampling.Teknik analisis data kuantitatif dengan uji t untuk ketuntasan rata-rata, uji z untuk proporsi, dan uji t untuk beda rata-rata. Teknik analisis data kualitatif yaitu melalui tahap keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika peserta didik mencapai ketuntasan rata-rata, proporsi kemampuan literasi matematika mencapai , rata-rata kemampuan literasi matematika kelas ekperimen lebih dari kelas kontrol, begitu juga dengan SRL peserta didik juga mencapai ketuntasan rata-rata, proporsi SRL mencapai 75%, serta rata-rata nilai SRL kelas ekperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Kemampuan literasi matematika pada setiap kategori memiliki penguasaan indikator yang bervariasi, begitu juga dengan SRL peserta didik. Pada kemampuan literasi matematika dan SRL peserta didik kategori tinggi, penguasaan indikator oleh peserta didik lebih luas dibanding dengan peserta didik kategori sedang dan rendah. Pencapaian indikator kemampuan literasi matematika tertinggi yaitu pada indikator representasi, sedangkan terendah ada pada indikator penggunaan simbol matematika dan bahasa formal, sedangkan pada SRL peserta didik indikator yang banyak dimiliki oleh peserta didik yaitu memandang kesulitan sebagai sebuah tantangan dan indikator paling sedikit dimiliki peserta didik yaitu indikator memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan untuk belajar. Kesulitan peserta didik dalam menyelesiakan soal kemampuan literasi matematika secara umum adalah menyelesaikan masalah verbal, karena kurangnya pemahaman peserta didik akan tujuan permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Self-Regulated Learning, SQ4R, Pendekatan Realistik
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 Feb 2020 13:42
Last Modified: 24 Feb 2020 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35067

Actions (login required)

View Item View Item