ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-COMIC MATH


BERNIKA RAHMANIA NALURITA, 0401517023 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-COMIC MATH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_BERNIKA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nalurita, Bernika, R. 2019. ”Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Ditinjau dari Adversity Quotient Berbantuan E-Comic Math Melalui Problem Based Learning”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Walid,S.Pd., M.Si., Pembimbing II Dr. rer. nat Adi Nur Cahyono, S.Pd., M.Sd. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Adversity Quotient, E-Comic Math, Problem Based Learning (PBL). Kemampuan Pemecahan masalah merupakan salah satu bagian penting dari kurikulum matematika. Selain itu, soft skill berupa adversity quotient juga berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi pembelajaran yang mampu mengimprovisasi kemampuan pemecahan masalah dan adversity quotient siswa, yaitu dengan pembelajaran PBL berbantuan e-comic math. Pembelajaran ini menggabungkan langkah-langkah PBL dengan bantuan media e-comic math yang ditinjau berdasarkan adversity quotient. Tahapannya yaitu orientasi masalah siswa, organisasi siswa berupa menyelesaikan permasalahan yang ada di e-comic math, pembimbingan oleh guru dan tanya jawab dengan siswa terkait masalah di e-comic math, menyajikan hasil rekapan jawaban di depan kelas, dan terakhir guru memberi konfirmasi dan menarik simpulan bersama siswa.Media e-comic math digunakan siswa dalam pembelajaran dan didesain untuk melatih pemecahan masalah siswa. Materi dalam penelitian ini adalah segiempat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik ditinjau dari adversity quotient melalui Problem Based Learning berbantuan E-Comic Math. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain sequential explanatory. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 23 peserta didik kelas VIIA4 SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang yang dipilih berdasarkan tiga kategori adversity quotient yaitu quitter, camper, climber. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket adversity quotient. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan wawancara berdasarkan hasil angket adversity quotient dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan E-Comic Math efektif, dan deskripsi kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari adversity quotient peserta didik kategori quitter, camper, climber melalui model Problem Based Learning berbantuan E-Comic Math mendapatkan hasil yang beragam, ditunjukkan dengan peserta didik kategori quitter mencapai kategori pemecahan masalah yang baik dan cukup, peserta didik kategori camper mencapai kategori pemecahan masalah sangat baik, baik dan cukup, dan peserta didik kategori climber mencapai pada kategori pemecahan masalah sangat baik dan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Adversity Quotient, E-Comic Math, Problem Based Learning (PBL).
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Feb 2020 14:20
Last Modified: 09 Mar 2020 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35061

Actions (login required)

View Item View Item