ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI MELALUI PROJECT BASED LEARNINGETNOMATEMATIKA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY APK DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL


ULIL MUWAHIDDAH, 0401517073 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI MELALUI PROJECT BASED LEARNINGETNOMATEMATIKA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY APK DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ULIL_MUWAHADDAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muwahiddah, Ulil. 2019.”Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Project Based Learning-Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Apk Ditinjau dari Kecerdasan Spasial”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Mohammad Asikin, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Scolastika Mariani, M.Si. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, geometri, project based learning, etnomatematika, augmented reality, kecerdasan spasial. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah geometri, salah satunya disebabkan kurangnya kecerdasan spasial siswa mengenai pemahaman siswa tentang bentuk-bentuk bangun ruang yang abstrak. Pembelajaran project based learning-Etnomatematika merupakan pembelajaran berbasis proyek dengan pokok bahasan budaya yang sangat dekat dengan kehidupan siswa. Media pembelajaran augmented reality dapat membantu siswa memahami dan mengenali unsur-unsur bangun datar. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Menganalisis pembelajaran menggunakan model project based learningetnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri ditinjau dari kecerdasan spasial siswa, (2) Menganalisis pembelajaran menggunakan model project based learning-etnomatematika berbantuan augmented reality efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri ditinjau dari kecerdasan spasial siswa, (3) Menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah geometri pada pembelajaran discovery learning, pembelajaran model project based learning-etnomatematika dan pembelajaran model project based learning-etnomatematika berbantuan augmented reality, (4) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah geometri siswa ditinjau dari kecerdasan spasial pada model pembelajaran project based learning-etnomatematika berbantuan augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode mix methods atau penelitian kombinasi dengan model squensial explanatory. Penelitian dilakukan di SMP Islam Al-Madina Semarang pada siswa kelas VIII dengan mengambil tiga kelas, yaitu dua kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menggunakan model project based learningetnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri ditinjau dari kecerdasan spasial siswa, (2) pembelajaran menggunakan model project based learningetnomatematika berbantuan augmented reality efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri ditinjau dari kecerdasan spasial siswa, (3) rataan kemampuan pemecahan masalah geometri pada pembelajaran discovery learning, pembelajaran model project based learning-etnomatematika dan pembelajaran model project based learning-etnomatematika berbantuan augmented reality berbeda. (4) siswa dengan kecerdasan spasial tinggi memiliki skor rata-rata tertinggi pada tahap memahami masalah, sedangkan skor rata-rata terendah pada tahap melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh, kedua tahap ini memiliki skor rata-rata yang sama. Siswa dengan kecerdasan spasial sedang, memiliki skor rata-rata tertinggi pada tahap memeriksa kembali hasil yang diperoleh, sedangkan skor rata-rata terendah pada tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah dan melaksanakan pemecahan masalah, ketiga tahap ini memiliki skor rata-rata yang sama. Siswa dengan kecerdasan spasial rendah memiliki skor rata-rata tertinggi pada tahap memahami masalah, sedangkan skor rata-rata terendah pada tahap memeriksa kembali hasil yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: matematika, pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 18:59
Last Modified: 19 Feb 2020 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35023

Actions (login required)

View Item View Item