MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA KELAS VII DENGAN MODEL ELICITING ACTIVITIES


Arum Diyastanti , 4101414017 (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA KELAS VII DENGAN MODEL ELICITING ACTIVITIES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA KELAS VII DENGAN MODEL ELICITING ACTIVITIES]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA KELAS VII DENGAN MODEL ELICITING ACTIVITIES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji secara komprehensif pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-esteem matematis dengan menggunakan Model Eliciting Activities dan Pemelajaran Berbasis Masalah. Metode yang digunakan adalah metode campuran sekuensial eksplanatori (explanatory sequential mixed methods). Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kudus terkecuali siswa pada kelas unggulan. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh VII F sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian kualitatif diambil 6 subjek berdasarkan kategori kemampuan awal matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat Model Eliciting Activities belum mencapai ketuntasan secara klasikal; (2) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat Model Eliciting Activities lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat Pembelajaran Berbasis Masalah; (3) pencapaian dan peningkatan self-esteem matematis siswa yang mendapat Model Eliciting Activities lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat Pembelajaran Berbasis Masalah; (4) terdapat korelasi yang sangat rendah antara kemampuan pemecahan masalah dan self-esteem matematis siswa; (5) siswa yang mendapat Model Eliciting Activities cenderung aktif dan berani dibandingkan siswa yang mendapat Pembelajaran Berbasis Masalah; dan (6) beebrapa kesulitan yang dialami siswa, siswa dengan kemampuan awal matematis kategori tinggi pada kelas eksperimen tidak mengalami kesulitan hanya saja siswa tidak teliti dalam menghitung sedangkan kelas kontrol mengalami kesulitan membuat rencana pada nomor 4 sehingga mempengaruhi indikator selanjutnya. Untuk siswa dengan kemampuan awal matematis kategori sedang pada kelas eksperimen mengalami kesulitan dalam menentukan kebenaran dari jawabannya dan tidak teliti dalam menghitung sedangkan kelas kontrol mengalami kesulitan dalam menentukan kebenaran dari jawabannya dan membuat rencana pada nomor 4 sehingga mempengaruhi indikator selanjutnya. Yang terakhir, untuk siswa dengan kemampuan awal matematis kategori rendah baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami kesulitan dalam menentukan kebenaran dari jawabannya serta belum selesai mengerjakan dari empat soal karena waktu yang disediakan telah habis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, self-esteem matematis, Model Eliciting Activities.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 13:47
Last Modified: 10 Feb 2020 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34937

Actions (login required)

View Item View Item