EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM SUGIHMANIK TANGGUNGHARJO GROBOGAN


Wahidatun Husnu Maulida , 2303415041 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM SUGIHMANIK TANGGUNGHARJO GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM SUGIHMANIK TANGGUNGHARJO GROBOGAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM SUGIHMANIK TANGGUNGHARJO GROBOGAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) merupakan salah satu model yang inovatif dalam pembelajaran dan diharapkan siswa termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Kemampuan menyimak dan berbicara siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Sugihmanik tergolong masih rendah. Antusiasme dan keaktifan siswa masih kurang disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah metode maupun model yang diaplikasikan dalam pembelajaran masih monoton. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajran IOC dalam keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Sugihmanik Tanggungharjo Grobogan. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes tertulis dan tes lisan. Instrumen non tes adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata post test menyimak kelompok eksperimen adalah 59,48 dari nilai rata-rata pre test adalah 42,1. Sedangkan, besarnya nilai rata-rata post test berbicara kelompok eksperimen adalah 58,43 dari nilai rata-rata pre test adalah 43,46. Adapun uji hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak dan Berbicara, Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:07
Last Modified: 27 Jan 2020 14:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34802

Actions (login required)

View Item View Item