PENGEMBANGAN BUKU BACAAN PERISTIWA BUDAYA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII KABUPATEN JEPARA


Istiqomah, 2601414006 (2018) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN PERISTIWA BUDAYA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 2601414006dina.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (577kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya setiap daerah memiliki kebudayaan atau kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Dalam kebudayaan tersebut terdapat peristiwa budaya yang berkembang di masyarakat dan dilaksanakan secara turuntemurun. Dengan adanya kebudayaan, maka perlu adanya pelestarian budaya agar tidak hilang tergerus oleh budaya asing. Oleh karena itu, peristiwa budaya yang terjadi adalah salah satu bagian dalam pembelajaran, sehingga dimasukkan sebagai materi pokok dalam kurikulum 2013 muatan lokal bahasa Jawa. Di Kabupaten Jepara terdapat beberapa peristiwa budaya yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya dan sudah terdokumentasikan dalam bentuk gambar dan video bahkan beberapa sudah ada yang ditulis dalam bentuk buku. Namun, tidak semua peristiwa budaya di Jepara ditulis dalam bentuk buku. Peristiwa-peristiwa budaya tersebut belum dilibatkan dalam materi pembelajaran khususnya bahasa Jawa. Pembelajaran mengenai materi peristiwa budaya yang digunakan yaitu dari daerah di luar Kabupaten Jepara yang diambil dari buku paket maupun LKS dan dari sumber lain. Materi tersebut kurang kontekstual jika digunakan di Kabupaten Jepara. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja analisis kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat terhadap buku bacaan peristiwa budaya berbasis kontekstual, (2) bagaimanakah prototipe buku bacaan peristiwa budaya berbasis kontekstual, dan (3) bagaimana hasil uji ahli terhadap prototipe buku bacaan peristiwa budaya berbasis kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian yang dilakukan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Data dalam penelitian ini adalah data dari observasi tentang proses pembelajaran dan ketesediaan buku bacaan, analisis kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat, data analisis peristiwa budaya dari narasumber, dan data dari hasil uji vaidasi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu buku bacaan peristiwa budaya sesuai dengan kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat. Buku bacaan yang dihasilkan berjudul Tradhisi ing Kabupaten Jepara yang berisi delapan tradisi di Jepara, antara lain yaitu, Tawur Bubur, Pesta Baratan Kalinyamat, Pesta Lomban, Festival vii Memeden Gadhu, Jembul Tulakan, Barikan Apem, Perang Obor, dan Festival Jondhang Kawak. Delapan tradisi tersebut disusun berdasarkan urutan pelaksanaan yang disesuaikan dengan penanggalan kalender bulan Jawa. Masingmasing tradisi dilengkapi dengan gambar pendukung dan dikembangkan menggunakan struktur teks deskripsi. Berdasarkan penelitian tersebut, terdapat saran yang disampaikan oleh penulis yaitu, (1) bagi guru di Kabupaten Jepara, buku bacaan peristiwa budaya dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran, (2) bagi siswa dan masyarakat umum, dapat membaca buku bacaan peristiwa budaya untuk menambah wawasan, dan (3) bagi peneliti selanjutnya, dapat melakukan penelitian lebih lanjut terhadap buku bacaan peristiwa budaya ini, agar buku bacaan peristiwa budaya yang dikembangkan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Bacaan, Peristiwa Budaya
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Jan 2020 18:07
Last Modified: 09 Jan 2020 18:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34463

Actions (login required)

View Item View Item