KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TREFFINGER


Irvana Lu’luatul Kholisoh , 4101415116 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TREFFINGER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TREFFINGER]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TREFFINGER) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis menjadi salah satu fokus pembelajaran yang penting dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah model Treffinger. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa serta mengetahui proses berpikir kreatif siswa ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian ini merupakan mixed-methods dengan strategi councurrent-embedded. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII D SMP Negeri 36 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 dan subjek penelitiannya adalah 6 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Pemilihan subjek didasarkan pada kategori disposisi matematis. Kategori disposisi matematis terdiri dari disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif, angket, dan wawancara. Data kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis dengan menggunakan uji proporsi pihak kanan, dan uji rata-rata pihak kanan untuk mengetahui ketuntasan berpikir kreatif siswa. Analisis proses berpikir kreatif mengacu pada empat tahap yaitu menisntesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, dan menerapkan ide. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII yang diajar melalui pembelajaran Treffinger dalam menyelesaikan masalah open-ended dapat mencapai ketuntasan belajar. Siswa dengan disposisi matematis tinggi cenderung produktif dalam memunculkan ide-idenya serta yakin terhadap hasil pekerjaannya. Siswa dengan disposisi matematis sedang kurang produktif dalam memunculkan ide-idenya serta cenderung kurang yakin terhadap hasil pekerjaannya. Siswa dengan disposisi matematis rendah tidak produktif dalam memunculkan ide-idenya serta tidak yakin dengan hasil pekerjaannya. Respon siswa terhadap aktivitas open-ended pada pembelajaran Treffinger termasuk dalam kategori yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif matematis, open-ended, disposisi matematis, Treffinger
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Nov 2019 19:34
Last Modified: 20 Nov 2019 19:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33302

Actions (login required)

View Item View Item