PENERAPAN PETA KONSEP IPA TERPADU UNTUK MENGUKUR MINDS-ON AND HANDS-ON ACTIVITY SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Anisa Furtakhul Janah , 4201413019 (2017) PENERAPAN PETA KONSEP IPA TERPADU UNTUK MENGUKUR MINDS-ON AND HANDS-ON ACTIVITY SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (821kB) | Preview |
Abstract
Pengetahuan yang diperoleh siswa dari kegiatan pembelajaran fisika pada dasarnya berupa konsep-konsep. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, yaitu seberapa besar siswa dalam memahami konsep fisika yang telah diajarkan oleh gurunya diperlukan suatu kegiatan evaluasi. Observasi awal dilakukan di SMP Negeri 3 Adiwerna, Tegal menunjukkan bahwa instrumen evaluasi yang digunakan untuk menilai tingkat pemahaman siswa hanya berupa tes tertulis dengan bentuk soal uraian dan soal pilihan ganda saja, sehingga siswa belum dapat diukur seberapa jelas pemahaman mereka mengenai konsepkonsep yang terdapat pada mata pelajaran IPA Terpadu, sehingga diperlukan suatu alat evaluasi yang mampu mendeskripsikan pemahaman konsep siswa. Salah satu alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa adalah peta konsep. Tujuan penelitian ini untuk mengukur Minds-On Activity dan Hands-On Activity siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksploratif dan menggunakan metode penelitian berupa eksploratif-deskriptif. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari tahap : persiapan, uji coba tes, pelaksanaan dan analisis hasil penelitian. Data yang diambil adalah: (a) pemahaman konsep siswa yang berkaitan dengan materi usaha dan energi serta tekanan, (b) pemahaman konsep siswa dalam mengaplikasikannya melalui praktikum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : tes bentuk uraian dan pilihan ganda serta tes peta konsep, tes peta konsep yang berkaitan dengan praktikum, dan tes mengerjakan LKS praktikum. Hasil analisis data yang digunakan untuk mengukur Minds-On Activity siswa, menunjukkan bahwa siswa kelas VIII D dan VIIIE pada materi usaha dan energi lebih mudah memahami konsep menggunakan peta konsep tipe melengkapi, sedangkan pada materi tekanan lebih mudah menggunakan peta konsep tipe menyusun. Uji hipotesis antara peta konsep dengan tes tertulis menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5%, harga
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peta konsep, instrumen evaluasi, Hands-On and Minds-On Activity |
Subjects: | L Education > Special Education > Physical Education Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 19:59 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 19:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32472 |
Actions (login required)
View Item |