PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI REDOKS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Dewi Indri Astuti , 4301413015 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI REDOKS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI REDOKS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
- Published Version
Download (263kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing bermuatan etnosains terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA N 3 Pekalongan. Teknik sampling digunakan cluster ramdom sampling, X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group. Harga n-gain keterampilan berpikir kritis untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 0,71 dan 0,56. Sedangkan harga n-gain untuk hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 0,84 dan 0,64. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ttabel 2,00 sedangkan thitung 7,65 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan besarnya pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 53,29% dan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 85%. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan etnosains berpengaruh serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etnosains; hasil belajar; inkuiri terbimbing; keterampilan berpikir kritis. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 20:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 20:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32202 |
Actions (login required)
View Item |