ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN ALTERNATIVE SOLUTION WORKSHEET DENGAN SCAFFOLDING


Laelatul Istinganah , 4101413170 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MENGGUNAKAN ALTERNATIVE SOLUTION WORKSHEET DENGAN SCAFFOLDING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413170.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (237kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII adalah terbatasnya media pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk berlatih mencari penyelesaian masalah. Untuk itu diperlukan adanya Alternative Solution Worksheet (ASW) yang melatih siswa untuk mencari dua penyelesaian dari satu permasalahan yang berupa penyelesaian awal dan penyelesaian alternatif, serta untuk melatih siswa dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan tahap pemecahan masalah. Permasalahan yang digunakan dalam ASW adalah soal terbuka. Pemberian scaffolding diperlukan untuk membantu siswa mengatasi kesulitannya dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII menggunakan ASW dengan scaffolding dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan ASW dengan scaffolding dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi model sequential explanatory. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sidareja dan subjek penelitiannya diambil dari masing-masing kelompok kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan peneliti. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengumpulan data kuantitatif dan tahap pengumpulan data kualitatif. Untuk data kuantitatif diperoleh berdasarkan nilai pretest dan nilai posttest. Sedangkan, untuk data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara. Sebelum melaksanakan wawancara, siswa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan nilai pretest. Kemudian, kelompok kemampuan tinggi memperoleh scaffolding tingkat ketiga, kelompok kemampuan sedang memperoleh scaffolding tingkat kedua dan ketiga, dan kelompok kemampuan rendah mendapatkan scaffolding tingkat pertama dan kedua. Setiap kelompok kemampuan juga mengerjakan ASW yang sesuai dengan kelompok kemampuannya. Berdasarkan uji n-gain hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 0,33 yang termasuk kategori peningkatan sedang yang dipengaruhi oleh penggunaan ASW dengan scaffolding.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, ASW, scaffolding
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 14:55
Last Modified: 10 Jan 2019 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

View Item View Item