KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP 8 SEMARANG DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN QUIPPER
Charisma Nurul Hidayati , 4101413099 (2017) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP 8 SEMARANG DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PENDEKATAN RME BERBANTUAN QUIPPER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (998kB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan siswa untuk menerapkan konsep matematika yang telah diperoleh disekolah kedalam permasalahan sehari-hari yang berpengaruh pada rendahnya kemampuan literasi matematika siswa. Peningkatan kemampuan literasi matematika dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang mendukung. Salah satu upayanya dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pendekatan RME berbantuan Quipper yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini merupakan kombinasi model concurrent embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling, dengan populasi normal dan homogen. Pengambilan subjek penelitian untuk data kualitatif berdasarkan purposive sampling. Metode pengumpulan data meliputi, metode tes, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji gain ternormalisasi. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengetahui kualitas pembelajaran dan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tercapainya ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen, (2) mengetahui kemampuan literasi matematika dengan model discovery learning pendekatan RME berbantuan Quipper lebih baik daripada kemampuan literasi matematika dengan pembelajaran saintifik, (3) mengetahui peningkatan literasi matematika pada kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran discovery learning pendekatan RME berbantuan Quipper dan kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran saintifik, (4) mengetahui kualitas pembelajaran discovery learning pendekatan RME berbantuan Quipper, (5) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran model discovery learning pendekatan RME berbantuan Quipper. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan literasi matematika siswa kelas kontrol, peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas kontrol, kualitas pembelajaran discovery learning pendekatan RME berbantuan Quipper berkategori baik, kemampuan literasi matematika siswa dengan model discovery learning pendekatan RME berbantuan Quipper terbagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika, discovery learning, RME, Quipper |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 16:04 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 14:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32127 |
Actions (login required)
View Item |