ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN TSTS BERBASIS ZPD
Ratih Puspita Sari Dewi , 4101413093 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN TSTS BERBASIS ZPD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (474kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Melalui komunikasi, ide dapat dicerminkan, diperbaiki, didiskusikan, dan dikembangkan. Oleh karena itu kemampuan komunikasi matematis yang baik sangat penting dimiliki oleh siswa. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Karangtengah belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran TSTS berbasis ZPD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII yang memperoleh model pembelajaran TSTS berbasis ZPD dapat mencapai ketuntasan belajar, mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran TSTS berbasis ZPD lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada model pembelajaran TSTS berbasis ZPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi dengan explanatory sequential design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangtengah tahun ajaran 2016/2017 dan sampelnya adalah siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol dan VIII D sebagai kelompok eksperimen. Kemudian dipilih 6 subjek penelitian yang mewakili kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran TSTS berbasis ZPD mencapai ketuntasan belajar, (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran TSTS berbasis ZPD lebih baik dari siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, (3a) subjek penelitian dari kelompok kemampuan komunikasi matematis tinggi mampu menguasai indikator kemampuan komunikasi matematis 1, 2, 4, 5, dan 6 dengan baik, untuk indikator kemampuan komunikasi matematis 3 tidak dituliskan dengan lengkap, (3b) subjek penelitian dari kelompok kemampuan komunikasi matematis sedang mampu menguasai indikator kemampuan komunikasi matematis 1 dan 5 dengan baik, sedangkan untuk indikator kemampuan komunikasi matematis 2, 3, 4, dan 6 tidak dituliskan dengan lengkap, (3c) subjek penelitian dari kelompok kemampuan komunikasi matematis rendah kurang menguasai keenam indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik sehingga jawaban yang diberikan kurang tepat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis, TSTS, ZPD, Scaffolding |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 15:56 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 15:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32125 |
Actions (login required)
View Item |