KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X PADA MODEL PEMBELAJARAN REACT
Siti Nur Asiyah, 4101413078 (2017) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X PADA MODEL PEMBELAJARAN REACT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (465kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan pada pembelajaran materi trigonometri adalah siswa masih cenderung kurang memahami dalam menyelesaikan soal kontekstual dan berkaitan dengan bidang ilmu lain yang sudah diacak dengan soal lain (nonkontekstual). Upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa pada aspek koneksi matematis dapat digunakan model REACT. Di samping itu, tinggi dan rendahnya kemampuan siswa pada aspek koneksi matematis tidak hanya bergantung pada proses pembelajarannya namun juga dari gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui (1) apakah hasil belajar pada aspek kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model REACT mencapai kriteria ketuntasan belajar, (2) apakah hasil belajar pada aspek kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model REACT lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Ekspositori, (3) apakah ada perbedaaan hasil belajar pada aspek kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, dan (4) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada aspek kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas X dan terpilih dua kelas sebagai sampel. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes koneksi matematis, angket gaya belajar, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Pati Kabupaten Pati tahun ajaran 2016/ 2017 sebanyak 370 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model REACT dapat memenuhi ketuntasan belajar secara individual dan klasikal; (2) rata-rata kemampuan siswa pada aspek koneksi matematis dengan penerapan model pembelajaran REACT lebih dari ratarata kemampuan siswa pada aspek koneksi matematis dengan model pembelajaran Ekspositori; (3) ada perbedaaan kemampuan siswa pada aspek koneksi matematis berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Rata-rata kemampuan siswa yang memiliki gaya belajar visual pada aspek koneksi matematis lebih dari rata-rata kemampuan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan kinestetik pada aspek koneksi matematis; (4) ada interaksi antara model pembelajaran REACT dan gaya belajar terhadap kemampuan siswa pada aspek koneksi matematis. Rata-rata kemampuan siswa pada aspek koneksi matematis dengan gaya belajar visual pada kelompok model pembelajaran REACT adalah yang terbaik di antara kelompok siswa yang lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, REACT, Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 15:48 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 15:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32123 |
Actions (login required)
View Item |