ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI HANDS ON ACTIVITY SELF REGULATED LEARNING


Ika Nazila Kurniawati , 4101413074 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI HANDS ON ACTIVITY SELF REGULATED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413074.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (359kB) | Preview

Abstract

Metakognisi dapat memantau tahap berfikir peserta didik agar dapat merefleksikan hasil berfikirnya dalam pemecahan masalah sehingga membantu peserta didik mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi matematis peserta didik dalam pemecahan masalah melalui model Hands On Activity Self Regulated Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.. Untuk menetapkan keabsahan data kualitatif maka teknik pemeriksaan yang digunakan penelitian ini meliputi empat hal yaitu uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Karangtengah tahun ajaran 2016/2017 dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Kemudian dipilih 6 subjek penelitian yang mewakili kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Hasil tes, observasi, dan wawancara dianalis dengan mengacu pada aspek-aspekmetakognisi. Hasil penelitian diperoleh dengan melihat model metakognisi peserta didik ketika menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik. Peserta didik kemampuan tinggi, mampu merencanakan masalah dengan memahami masalah dan memilih strategi yang tepat, mampu memantau masalah melalui pengilustrasian gambar dengan benar kemudian dapat menemukan hasilnya dengan menghubungkan informasi yang diperoleh dari pengetahuan sebelumnya dan dapat mengaitkan dengan materi lain dan mampu mengevaluasi masalah yang ditunjukkan dengan kemampuan dalam mengambil kesimpulan. Peserta didik kemampuan sedang, sudah mampu merencanakan masalah dengan benar tetapi masih terdapat kesalahan dalam penulisan prosedur penyelesaiannya, dan mampu mengevaluasi masalah melalui kesimpulan yang diambil dari hasil penyelesaian walaupun masih kurang teliti, terlihat pada tidak adanya satuan pada hasil yang diperoleh. Untuk peserta didik kemampuan rendah, belum dapat merencanakan masalah dalam bentuk tulisan tetapi dapat menjelaskan prosedur melalui penjelasan secara langsung, belum dapat memantau masalah karena pemahaman terhadap konsep masih salah sehingga tidak dapat menyelesaikan masalah dan tidak mampu mengevaluasi masalah yang dihasilkan dengan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan metakognisi, pemecahan masalah, Hands On Activity, Self Regulated Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 15:00
Last Modified: 04 Jan 2019 15:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32121

Actions (login required)

View Item View Item