KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN SOAL OPEN-ENDED
Mirza Fakhri Abida , 4101413062 (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN SOAL OPEN-ENDED. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (563kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis dan karakter kemandirian belajar siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang ditetapkan adalah model Problem-Based Learning dengan soal open-ended. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ketuntasan klasikal siswa dengan model PBL dengan soal open-ended, perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa model PBL dengan soal open-ended dengan model ekspositori, pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model PBL dengan soal open-ended, dan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa dengan model PBL dengan soal open-ended. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling, kelas VII H sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model PBL dengan soal open-ended dan kelas VII I sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan model ekspositori. Untuk kualitatif, pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan uji regresi linier. Kemudian dilakukan wawancara pada subjek penelitian yang terdiri dari 6 siswa dengan masing-masing 2 siswa dari kelompok tinggi, 2 siswa dari kelompok sedang, dan 2 siswa dari kelompok rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII menggunakan model PBL dengan soal open-ended mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi model PBL dengan soal open-ended lebih baik daripada yang diberi model ekspositori, kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran model PBL dengan soal open-ended berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, siswa dengan kemandirian tinggi lebih memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis daripada siswa dengan kemandirian rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemandirian Belajar, Open-Ended, Problem-Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 14:40 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 14:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32118 |
Actions (login required)
View Item |