KEEFEKTIFAN MODEL TPS BERBANTUAN MIND MAP PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII


Yuniarti Hardiyati , 4101413061 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TPS BERBANTUAN MIND MAP PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (362kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran matematika salah satu kemampuan yang harus dikembangkan yaitu kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu kemampuan mengonstruksi atau membangun ide-ide dengan cara baru dalam menghasilkan suatu penyelesaian masalah. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, diperlukan pembelajaran yang inovatif dan dapat merangsang tumbuhnya kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII yang diberi pembelajaran matematika dengan model TPS berbantuan mind map pada materi luas dan keliling segiempat mencapai ketuntasan belajar klasikal dan mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII yang diberi pembelajaran matematika dengan model TPS berbantuan mind map lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran model ekspositori pada materi luas dan keliling segiempat. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dengan simple random sampling, diperoleh kelas VIID sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran model TPS berbantuan mind map dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TPS, mind-map, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 17:51
Last Modified: 03 Jan 2019 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32113

Actions (login required)

View Item View Item