ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN TEKNOLOGI PADA MATERI GEOMETRI KELAS VIII
Umar Agustian Khalifudin , 4101413037 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN TEKNOLOGI PADA MATERI GEOMETRI KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (475kB) | Preview |
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Untuk menghadapinya diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas manusia salah satunya dapat dinilai dari kreativitas. Model Think Talk Write (TTW) secara signifikan mempunyai dampak yang berbeda dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yang mampu melatih siswa untuk berpikir (think), berdiskusi (talk) dan menulis (write) gagasan dari hasil pemikirannya. Teknologi yang digunakan adalah Cabri 3D dan Whatsapp Messenger. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar pada aspek kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan teknologi pada materi geometri mencapai ketuntasan klasikal; (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan teknologi lebih baik daripada ekspositori; dan (3) terdeskripsikannya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan teknologi pada materi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dan desain penelitian sequential explanatory dengan pretest-posttest control group design. Pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan hasil pretest yang dikelompokkan menjadi tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematika dan wawancara. Analisis tes kemampuan berpikir kreatif matematika mengacu pada tiga komponen berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII pada materi geometri dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan teknologi dapat mencapai ketuntasan klasikal 75%; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan teknologi lebih baik dibandingkan dengan ekspositoris; dan (3) tingkat berpikir kreatif siswa berkemampuan dasar tinggi lebih kreatif daripada siswa berkemampuan dasar sedang maupun rendah. Siswa berkemampuan dasar tinggi memiliki TBK 4 dan 1, siswa berkemampuan dasar sedang keduanya memiliki TBK 1 dan siswa berkemampuan dasar rendah keduanya hanya mampu di TBK 0.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Think Talk Write , Cabri 3D, Whatsapp Messenger |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 17:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 17:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32106 |
Actions (login required)
View Item |