ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE BRAINSTORMING


Betiana Eka Putri , 4101413028 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE BRAINSTORMING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (459kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu menggunakan penalaran yang baik dan mempunyai tanggung jawab untuk pembangunan karakter yang salah satunya yaitu karakter mandiri.Fakta menunjukkan bahwa kemampuan penalaran dan kemandirian siswa SMP Negeri 1 Batang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kemampuan penalaran induktif matematika siswa kelas VII yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode brainstorming mencapai ketuntasan belajar, membuktikan bahwa kemampuan penalaran induktif matematika siswa kelas VII yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode brainstorming lebih baik dari siswa kelas VII yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa metode brainstorming, menganalisis secara kuantitatif pengaruh kemandirian siswa terhadap kemampuan penalaran induktif matematika melalui pembelajaran model Problem Based Learning dengan metode brainstorming, dan mendeskripsikan kemampuan penalaran induktif matematika siswa kelas VII terhadap pembelajaran Problem Based Learning dengan metode brainstorming ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang didukung dengan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran induktif matematika siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan penalaran induktif matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan penalaran induktif matematika siswa kelas control, (3) terdapat pengaruh positif kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan penalaran induktif matematika siswa melalui pembelajaran model Problem Based Learning dengan metode brainstorming, (4) siswa dengan kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan penalaran induktif yang baik, (5) siswa dengan kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan penalaran induktif yang cukup, (6) siswa dengan kemandirian belajar rendah memiliki kemampuan penalaran induktif yang kurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran induktif, kemandirian siswa, Problem Based Learning, brainstorming
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 16:41
Last Modified: 05 Apr 2019 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32102

Actions (login required)

View Item View Item