KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)


Anjar Tri Astuti , 4101413020 (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (482kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran (1) kualitas pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dan (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Rakit Banjarnegara. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis kualitas pembelajaran model CPS mengacu pada tiga tahap yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan proses pembelajaran, dan tahap penilaian hasil pembelajaran. Analisis tes kemampuan berpikir kreatif matematis mengacu pada tiga indikator yaitu kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty). Angket AQ menggunakan beberapa indikator yang telah divalidasi oleh validator ahli. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian, dan tahap kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) kualitas pembelajaran model CPS diperoleh perencanaan pembelajaran dalam kriteria baik, pelaksanaan proses pembelajaran dalam kriteria sangat baik, dan penilaian hasil pembelajaran menujukkan telah mencapai ketuntasan klasikal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif matematis, Model Creative Problem Solving (CPS), Adversity Quotient (AQ)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 14:41
Last Modified: 05 Apr 2019 14:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32098

Actions (login required)

View Item View Item