ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI


Fajar Tri Setiawan , 4101412171 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412171.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (281kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI RPL 2 SMK Negeri 8 Semarang; (2) mendeskripsikan disposisi matematis siswa kelas XI RPL 2 SMK Negeri 8 Semarang; (3) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis; dan (4) mendeskripsikan disposisi matematis siswa ditinjau dari kemampuan koneksi matematis siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 33 siswa. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, skala disposisi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah validitas data, transkrip data verbal, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan koneksi matematis siswa adalah sebagai berikut: (a) 8 siswa termasuk dalam kategori tinggi; (b) 24 siswa dalam kategori sedang; (c) 1 siswa dalam kategori rendah; (2) tingkat kemampuan disposisi matematis siswa adalah sebagai berikut: (a) 5 siswa dalam kategori tinggi; (b) 22 siswa dalam kategori sedang; (c) 6 siswa dalam kategori rendah; (3) kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis menunjukkan bahwa siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki disposisi matematis sedang dan rendah; dan (4) disposisi matematis siswa ditinjau dari kemampuan koneksi matematis menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi cenderung berusaha membangun disposisi matematis siswa yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang mempunyai kemampuan koneksi matematis siswa sedang dan rendah. Diperlukan adanya penelitian lanjutan dari penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang bagaimana cara meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan koneksi matematis, disposisi matematis, kemampuan koneksi matematis, tingkat disposisi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2018 12:26
Last Modified: 31 Dec 2018 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32080

Actions (login required)

View Item View Item