KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICITING ACTIVITIES


ARI PRASETYO , 4101412153 (2017) KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICITING ACTIVITIES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412153.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (222kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) kualitas pembelajaran Matematika model Eliciting Activities terhadap kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa (2) kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Selogiri ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey pada pembelajaran model Eliciting Activities, ,dan (3) tingkat disposisi matematis siswa kelas VII SMP ditinjau dari tipe kepribadian keirsey pada pembelajaran Matematika model Eliciting Activities. Situasi sosial dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VII SMP Negeri 1 Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian merupakan dua siswa pada tiap kategori tipe kepribadian yang meliputi Artisan, Idealis, Guardian, dan Rattional. Sehingga subjek yang dipilih penelitian ini adalah 8 siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Selogiri. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi (1) kualitas pembelajaran Matematika model Eliciting Activities yang dibagi dalam kategori (a) tahap perencanaan masuk dalam kategori sangat valid, artinya perangkat pembelajaran dapat langsung digunakan, (b) tahap implementasi masuk dalam kategori sangat baik untuk aktivitas guru maupun aktivitas siswa, artinya bahwa guru menyampaikan pembelajaran dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dirumuskan pada tahap perencanaan serta siswa aktif selama proses pembelajaran, dan (c) Tahap Evaluasi masuk kategori sangat baik untuk nilai tugas dimana seluruh siswa mendapatkan nilai diatas KKM, sedangkan nilai kuis masuk kategori baik dimana sebanyak 21 dari 29 siswa mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 70 (2) kemampuan koneksi matematis siswa artisan masuk dalam kategori sedang yakni menguasai satu sampai dua indikator dari empat indikator yang dirumuskan dalam kemampuan koneksi matemais dan tingkat disposisi matematis juga sedang (2) kemampuan koneksi matematis siswa tipe Guardian masuk dalam kategori rendah hanya menguasai satu indikator, dan tingkat disposisinya sedang (3) kemampuan koneksi matematis siswa tipe idealist masuk dalam kategori tinggi, menguasia tiga sampai empat indikator dan tingkat disposisi matematis sangat tinggi (4) ) kemampuan koneksi matematis siswa tipe rational masuk dalam kategori tinggi menguasai hampir keempat indikator dan tingkat disposisi matematis tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tipe kepribadian juga mempengaruhi kemampuan koneksi matematis dan tingkat disposisi matematisnya, guru supaya memberikan perhatian khusus pada siswa sesuai tipe kepribadian. Selain itu peneliti menyarankan pembelajaran model Eliciting Activities yang dapat mengembangkan kemampuan koneksi dan tingkat disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Disposisi Matematis, Tipe Kepribadian Keirsey, Model Eliciting Activities
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2018 12:14
Last Modified: 05 Apr 2019 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32077

Actions (login required)

View Item View Item