KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY DALAM SETTING PBL
MULYODORO , 4101412142 (2017) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY DALAM SETTING PBL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (249kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kualitas pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII dalam pembelajaran matematika dengan setting model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdasarkan tipe kepribadian Keirsey, dan (3) Apa saja masalah yang dialami masing-masing tipe kepribadian Keirsey disetiap langkah penyelesaian masalah dalam setting pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII SMP N 1 Tegowanu tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian ini yaitu (1) kualitas pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) yang dibagi dalam kategori (a) tahap perencanaan masuk dalam kategori sangat valid, artinya perangkat pembelajaran dapat langsung digunakan, (b) tahap implementasi masuk dalam kategori sangat baik untuk aktivitas guru maupun aktivitas siswa, artinya bahwa guru menyampaikan pembelajaran dengan sangat jelas dan siswa sangat aktif selama proses pembelajaran, dan (c) Tahap Evaluasi masuk kategori sangat baik untuk nilai tugas dimana seluruh siswa mendapatkan nilai diatas KKM, sedangkan nilai kuis masuk kategori baik dimana sebanyak 25 dari 30 siswa mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 70. (2) Kemampuan pemecahan masalah dari kedelapan subyek penelitian diperoleh hasil yang bervariasi untuk setiap langkah penyelesaian pemecahan masalah. (3) Masalah yang dialami masing-masing tipe kepribadian adalah (a) tipe Artisan kesulitan dalam menerjemahkan soal kedalam bentuk gambar dan melakukan perhitungan, (b) tipe Idealist kurang teliti dalam menerjemahkan informasi yang ada pada soal, (c) tipe Guardian mengalami masalah pada pemahaman soal sehingga tidak bisa membuat prencana penyelesaian masalah, dan (d) tipe Rational tidak mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah. Guru dalam menyampaikan materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar khususnya prisma dan limas dapat menggunakan model PBL untuk ketuntasan klasikal khususnya pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Terkait dengan kemampuan pemecahan masalah pada tiap tipe kepribadian siswa, guru sebaiknya memberikan pemahaman dan bimbingan kepada siswa tipe Guardian, Artisan, dan Idealist dalam menggambar bangun geometri untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian. Memberikan latihan dan bimbingan pada siswa tipe Artisan dan Guardian dalam menyusun rumus yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Tipe Kepribadian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 31 Dec 2018 11:58 |
Last Modified: | 31 Dec 2018 11:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32072 |
Actions (login required)
View Item |