ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SIKAP DISIPLIN BERDASARKAN TINGKAT AGRESIVITAS SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING


Riska Amaliyah , 4101412067 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SIKAP DISIPLIN BERDASARKAN TINGKAT AGRESIVITAS SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (562kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada pembelajaran matematika materi perbandingan trigonometri adalah kurangnya kemampuan penalaran matematis. Siswa sering mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep sehingga selalu menunggu bimbingan dari guru. Selain itu, sikap disiplin siswa selama di sekolah maupun dalam pembelajaran masih kurang dan perilaku agresif siswa juga muncul. Diperlukan adanya variasi baru dalam pembelajaran dengan harapan kemampuan penalaran matematis siswa mencapai ketuntasan dan sikap disipln siswa mengalami peningkatan sehingga pada penelitian ini diterapkan model discovery learning. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMK Dinamika Tegal dapat mencapai ketuntasan serta untuk mengetahui sikap disiplin siswa kelas X SMK Dinamika Tegal sesudah pembelajaran lebih baik daripada sebelum pembelajaran dengan model DL dan mengalami peningkatan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan penalaran matematis dan sikap disiplin pada tiap tingkatan agresivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan desain eksplanatoris sekuensial. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas X Otomotif 1 SMK Dinamika Tegal, yang dipilih dari masing-masing kelompok 2 subjek penelitian secara purposive sample. Subjek dipilih dengan mempertimbangkan penjelasan guru mengenai kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada tingkat agresivitas siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran model DL mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase siswa tuntas mencapai 92% dan sikap disiplin siswa mengalami peningkatan, (2) siswa dengan tingkat agresivitas tinggi belum mampu menyusun dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, memeriksa argumen, dan menemukan pola, serta disiplin dalam masuk sekolah dan menaati tata tertib sekolah, (3) siswa dengan tingkat agresivitas sedang mampu menyusun dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, memeriksa argumen, akan tetapi belum mampu menemukan pola, serta disiplin dalam masuk sekolah, mengikuti pelajaran, dan menaati tata tertib sekolah, (4) siswa dengan tingkat agresivitas rendah telah mampu menyusun dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, memeriksa argumen, dan menemukan pola, serta disiplin dalam masuk sekolah, mengikuti pelajaran, disiplin, mengerjakan tugas, dan menaati tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Sikap Disiplin, Agresivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 28 Dec 2018 14:52
Last Modified: 28 Dec 2018 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32068

Actions (login required)

View Item View Item