KENDALA GURU IPS DALAM MENGAJAR MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI/SWASTA SE-KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017


Rustiana Anggreini , 3201412093 (2017) KENDALA GURU IPS DALAM MENGAJAR MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI/SWASTA SE-KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (697kB) | Preview

Abstract

Di sekolah pada umumnya guru-guru IPS yang tersedia adalah dari disiplin ilmu yang beragam, mulai dari geografi, sosiologi, ekonomi,dan sejarah.. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan menyatakan bahwa guru mengalami kendala dalam pergantian kurikulum 2013 dikarenakan kurikulum ini belum maksimal dalam sosialisasi yang dilakukan sehingga guru masih mengalami kebingungan terutama dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain kurangnya sosialisasi yang dilakukan guru juga mengalami kendala penguasaan materi kondisi geografis Indonesia karena guru yang berlatar belakang berbeda-beda. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kendala yang muncul serta upaya untuk menghadapi kendala. Populasi dalam penelitian berjumlah 10 guru di 6 SMP Negeri/Swasta se- Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan dari 10 responden penelitian pada indikator perencanaan pembelajaran kendala yang paling banyak muncul pada kelengkapan intrumen pembelajaran 80% terkendala, kendala pada penulisan indikator pembelajaran 60% mengalami kendala dan pada penulisan tujuan pembelajaran 60% terkendala. Selanjutnya pada variabel pelaksanaan pembelajaran kendala paling banyak muncul adalah kesiapan guru dengan kurikulum 2013 sebesar 60% terkendala, 60% guru mengalami kendala dalam sosialisasi kurikulum 2013, 53% guru mengalami kendala dalam penguasaan materi dan 60% guru mengalami kendala dalam pembuatan evaluasi dan pengayaan. Sehingga saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu MGMP mapel IPS diharapkan melakukan sosialiasi terkait kurikulum 2013 yang masih dirasa kurang oleh guru dalam melaksanakan kurikulum 2013, guru yang tekendala dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diharapkan mampu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan bertanya dengan teman sesama guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendala, Kurikulum 2013, Materi IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) > difficulty learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 19:23
Last Modified: 04 Apr 2019 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31732

Actions (login required)

View Item View Item