PENGARUH PEMBELAJARAN GEOGRAFITERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PEDULILINGKUNGAN PADASISWA KELAS XI ILMU SOSIALSMA NEGERI1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Muhammad Mahally Rizka, 3201410106 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN GEOGRAFITERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PEDULILINGKUNGAN PADASISWA KELAS XI ILMU SOSIALSMA NEGERI1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410106.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (199kB) | Preview

Abstract

Melalui proses pembelajaran Geografi yang didapatkan, seharusnya siswa dapat bersikap dan berperilaku cerdas, arif dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Namun dalam kenyataannya belum sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, sebagaimana ditemukan tindakan-tindakan yang dilakukan siswa tidak mencerminkan sikap kepedulian terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Geografi, (2) mengetahui nilainilai sikap peduli lingkungan di sekolah yang diterapkan pada siswa, serta (3) mengetahui pembelajaran Geografi yang efektif dalam upaya pembentukan sikap peduli lingkungan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Ilmu Sosial Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 152 siswa, dan peneliti mengambil 72 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data berupa: angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analsis regresi linier, tabel silang dan analisi deskriptif. Berdasarkan perhitungan analisis data, pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan teknik outdoor study menunjukkan sebanyak 15 siswa (20,83%) menyatakan penerapannya sudah sangat baik, sebanyak 56 siswa (77,78%) menyatakan baik, sebanyak 7 siswa (1,39%) menyatakan cukup. Penerapan sikap peduli lingkungan siswa menunjukkan sebanyak 16 siswa (22,22%) menyatakan penerapannya sudah sangat baik dan sebanyak 51 siswa (70,83%) menyatakan baik dan sebanyak 5 siswa (6,94%) menyatakan cukup baik. Kedua variabel tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi dengan menghasilkan persamaan Y = 23,736 + 0,391 X. Dari persamaan regresi tersebut dapat diartikan bahwa, bila nilai pelaksanaan pembelajaran Geografi teknik outdoor study bertambah 1, maka nilai rata-rata penerapan sikap peduli lingkungan akan bertambah 0,391. Nilai koefisien regresi yang positif memberikan makna bahwa pembelajaran Geografi materi pelestarian lingkungan hidup menggunakan teknik outdoor study berpengaruh positif terhadap sikap peduli siswa. Saran yang peneliti berikan adalah agar warga sekolah, terutama siswa diharapkan untuk selalu memperhatikan kondisi kebersihan ruangan kelas yang masih terlihat kotor. Warga sekolah juga diharapkan menciptakan kreatifitas dan inspirasi dalam membuat program yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan yang dilaksanakan di sekolah maupun luar sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Geografi, Sikap Peduli Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 18:00
Last Modified: 22 Nov 2018 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31718

Actions (login required)

View Item View Item