VARIASI MENGAJAR DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Budiono , 3101412098 (2017) VARIASI MENGAJAR DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (237kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan dasar mengajar merupakan aspek penting dalam kompetensi guru. Keterampilan dasar mengajar bagi guru diperlukan agar guru dapat melaksanakan perannya dalam pengelola proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Salah satu keterampilan dasar yang dikuasai oleh guru adalah keterampilan mengadakan variasi. Berdasarkan uraian di atas peneliti ingin mengetahui bagaimana variasi mengajar guru sejarah SMA Negeri 1 Mertoyudan tahun ajaran 2015/2016. Dengan rumusan sebagai berikut: 1) Apa variasi mengajar guru sejarah dan bagaimana praktiknya dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mertoyudan?, dan 2) Bagaimana respons siswa terhadap variasi mengajar yang dilakukan oleh guru sejara di SMA Negeri 1 Mertoyudan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mertoyudan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) observasi; (2) wawancara mendalam; (3) dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian di SMA Negeri 1 Mertoyudan variasi mengajar guru sejarah diklasifikasikan menjadi variasi dalam cara mengajar, variasi penggunaan alat bantu atau media, variasi dalam pola interaksi, dan variasi dalam penggunaan metode. Respons siswa SMA Negeri 1 Mertoyudan beragam terdapat siswa dengan responya positif yaitu siswa yang aktif dalam pembelajaran, memperhatikan guru dan dapat menyesuiakan metode dan media yang digunakan guru. Respon siswa negatif yaitu siswa yang tidak suka dengan pembelajaran sejarah dan selalu rame mengobrol dengan teman dan izin keluar kelas. Respon siswa netral yaitu siswa yang biasa-biasa saja mengikuti pembelajaran, mengikuti pembelajaran karena tuntutan mata pelajaran semata. == Teaching basic skills is an important aspect of teacher competence. The basic skills required for teachers so that teachers can carry out its role in managing the learning process, so that the learning can be run effectively and efficiently. One of the basic skills that the teacher is a skill mastered by holding variations. Based on the above researchers wanted to know how the various teaching history teacher SMA Negeri 1 Mertoyudan the academic year 2015/2016. With the following formula: 1) What is the variation history teachers teach and how to practice in the teaching of history in SMA Negeri 1Mertoyudan ?, and 2 ) How a student's response to the variation of teaching done by historians teacher at SMA Negeri 1 Mertoyudan? This study used a qualitative approach. Location of the study was conducted in SMA Negeri 1 Mertoyudan. Data collection techniques in this study: (1) observation; (2) indepth interviews; (3) documentation. To test the objectivity and validity of the data using triangulation sources and triangulation techniques. The results of the study in SMA Negeri 1 Mertoyudan, the teacher's teaching variations classified into variations in the way of teaching, variations in the use of tools or media, variations in patterns of interaction, and variations in the use of methods. Response SMA Negeri 1 Mertoyudan diverse students with responya are positive that students who are active in learning, paying attention to the teacher and to adjust to the methods and media used by teachers. Negative student response ie students who do not like the teaching of history and always crowded chat with friends and permits out of the classroom. Student response neutral ie students who unremarkable following study, learning to follow because of the demands of subjects only.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi, Pembelajaran, Sejarah, Respons, Variation, Education, History, Response |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning L Education > Educational Institutions L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2018 16:07 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 14:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31684 |
Actions (login required)
View Item |