HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG


FITRI RETNOWATI , 1401413462 (2017) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413462.pdf]
Preview
PDF
Download (947kB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor internal dan eksternal yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Seseorang yang memiliki kebiasaan belajar yang baik dan didukung oleh lingkungan sekolah yang kondusif akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Semakin baik kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah, maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) apakah terdapat hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang?, (2) apakah terdapat hubungan lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang?, dan (3) apakah terdapat hubungan kebiasaan belajar dan lingkungan dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang?. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang sebanyak 91 siswa dan diambil sampel sebanyak 74 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pengujian hipotesis mengunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas untuk mengetahui data berdistribusi normal dan linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,646, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara ligkungan sekolah dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,619, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,709. Simpulan penelitian menyatakan bahwa hubungan kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang sudah baik. Saran penelitian ini adalah hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan kepada sekolah dan guru agar dapat membentuk kebiasaan belajar yang baik pada siswa dan meningkatkan kemampuan dalam menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif untuk proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; kebiasaan belajar; lingkungan sekolah
Subjects: L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 13:29
Last Modified: 09 Jul 2018 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31440

Actions (login required)

View Item View Item