PERBANDINGAN PENGGUNAAN COMPRESSION CONNECTOR (CCO) DAN TAP CONNECTOR PADA SAMBUNGAN RUMAH TERHADAP BESARNYA LOSSES ENERGI


Rizqi Ardiansyah, 5301413038 (2017) PERBANDINGAN PENGGUNAAN COMPRESSION CONNECTOR (CCO) DAN TAP CONNECTOR PADA SAMBUNGAN RUMAH TERHADAP BESARNYA LOSSES ENERGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301413038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (839kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan listrik yang semakin tinggi menuntut PT. PLN (Persero) selaku penyedia layanan ketenagalistrikan harus mampu mengurangi losses enegi. Losses merupakan hilangnya sebagian energi listrik pada saat penyaluran kepada pelanggan. Hilangnya sebagian energi listrik tersebut dapat terjadi pada sambungan rumah. Sambungan rumah menggunakan beberapa jenis konektor, hal tersebut dapat menimbulkan losses energi. Konektor yang saat ini digunakan oleh PT. PLN (Persero) adalah compression connector dan tap connector. Jenis konektor yang berbeda-beda tersebut dapat menimbulkan perbedaan nilai losses energi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan losses tegangan dan losses daya semu yang ditimbulkan dari penggunaan compression connector dan tap connector pada sambungan rumah. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja PT. PLN (Persero) Rayon Jatisrono. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-shot case study. Pengambilan data berdasarkan konektor yang dipakai pada sambungan rumah. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran langsung pada masing-masing sambungan rumah. Data yang sudah terkumpul selanjutnya di analisis dan dibandingkan berdasarkan jenis konektor yang digunakan. Hasil penelitian dari sastu deret sambungan penggunaan compression connector susut tegangannya 3,286 volt. Serta untuk susut daya semunya sebesar 2,32 VA. Dengan penggunaan tap connector susut tegangnnya 4,77 volt. Sedangkan susut daya semunya sebesar 5,72 VA. Berdasarkan hasil penelitian bahwa compression connector mampu meminimalkan losses tegangan dan losses daya semu yang terjadi pada sambungan rumah. Compression connector mampu menurunkan nilai losses energi dibandingkan dengan tap connector. Compression connector dapat tersambung secara maksimal pada konduktor, karena pemasangannya dilakukan dengan menggunakan alat press. Dengan demikian badan dari compression connector melekat keseluruhan pada penghantar konduktornya. Kalau tap connector hanya bagian gigi penerus arusnya yang mengenai penghantar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Losses, Compression Connector, Tap Connector, dan Sambungan Rumah
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2018 17:32
Last Modified: 04 Apr 2019 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31431

Actions (login required)

View Item View Item