PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK SISWA KELAS V SD


Triana Sari Yuniarti , 1401413043 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK SISWA KELAS V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (888kB) | Preview

Abstract

Nilai hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis surat resmi hanya 28,6% siswa yang mendapatkan nilai tuntas. Selain itu dengan belum adanya bahan ajar yang tepat dalam membantu siswa mencapai kompetensi dasar dan belum ada model pembelajaran yang diterapkan. Kemampuan siswa dalam menulis surat resmi akan semakin berkembang dengan baik jika didukung oleh adanya buku panduan menulis surat resmi yang menarik dan guru menerapkan model think pair share dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan menulis surat resmi dengan model Think Pair Share (TPS) untuk siswa kelas V SD yakni, 1) mendeskripsikan profil surat resmi, 2) mendeskripsikan penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototipe buku panduan, 3) mendeskripsikan uji keefektifan terbatas pada siswa kelas V SDN 02 Kulu. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori Borg and Gall yang memiliki 10 tahap namun peneliti membatasi pada tahap ke 7 saja. Tujuh tahap dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Tahap I Penelitian dan pengumpulan informasi, Tahap II Mengembangkan produk awal, Tahap III desain produk, Tahap IV Tahap validasi dan uji coba skala kecil, Tahap V revisi atau perbaikan desain dan produk, Tahap VI menguji produk di lapangan, Tahap VII Revisi produk dan penyusunan hasil. Hasil penelitian ini adalah: (1) profil surat resmi, hasil buku panduan menulis surat resmi siswa kelas V yaitu sampul buku berwarna cerah, ukuran buku A5, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) penilaian yang telah dilakukan tim ahli diperoleh nilai media sebesar 9,3 dan nilai materi sebesar 8,8 dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan; (3) uji coba skala kecil menggunakan angket tanggapan siswa berdasarkan kriteria tanggapan siswa jumlah akhir nilai yang didapat adalah 49 termasuk ke dalam kriteria sangat valid, atau dapat digunakan tanpa revisi, (4) penilian menulis surat resmi siswa SDN 02 Kulu dengan menggunakan buku panduan menghasilkan nilai rata-rata 95,8 dengan kriteria ketuntasan belajar 100%. Simpulan penelitian ini adalah buku panduan menulis surat resmi layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat resmi. Saran yang diberikan yaitu hasil pengembangan buku panduan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V khususnya pada materi menulis surat resmi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, menulis surat resmi, think pair share.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:48
Last Modified: 07 Jun 2018 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31315

Actions (login required)

View Item View Item