FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR DABIN SLEROK KOTA TEGAL


Evi Sofia Meirani , 1401413185 (2017) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR DABIN SLEROK KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413185.pdf]
Preview
PDF
Download (662kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni musik di sekolah dasar termuat dalam mata pelajaran SBK (KTSP) dan SBdP (Kurikulum 2013). Pembelajaran ini menitikberatkan pada keterampilan seni yang dimiliki siswa, khususnya seni musik. Pada saat kegiatan pembelajaran di sekolah berlangsung, guru dihadapkan dengan sejumlah karakteristik siswa yang beraneka ragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil, ada juga siswa yang mengalami kesulitan. Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi tingkat faktor-faktor kesulitan belajar siswa kelas V dalam pembelajaran seni musik di Sekolah Dasar Dabin Slerok Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Variabel penelitian ini yaitu kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran seni musik dengan dua sub variabel yang terdiri dari dua belas indikator, kesehatan, minat, bakat, motivasi, kemampuan kognitif, kebiasaan belajar, pemahaman terhadap tujuan belajar, kemampuan guru,cara mengajar guru, lingkungan sosial sekolah, kondisi gedung dan dukungan orang tua. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 186 siswa dari 10 SD di Dabin Slerok Kota Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Faktor-faktor kesulitan belajar siswa dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari kesehatan, minat, bakat, motivasi, kemampuan kognitif, kebiasaan belajar dan pemahaman terhadap tujuan belajar. Faktor eksternal terdiri dari kemampuan guru, cara mengajar guru, lingkungan sosial sekolah, kondisi gedung dan dukungan orang tua. Berdasarkan analisis statistik deskriptif persentase menunjukkan bahwa secara umum faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar Dabin Slerok Kota Tegal berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53,23%. Hasil penghitungan dari 186 responden, diperoleh mean 101,86 atau berada di interval 102, yang artinya tergolong pada kategori tinggi. Diperlukan adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah, keluarga siswa, serta masyarakat dalam mewujudkan kegiatan belajar siswa yang kondusif, sehingga akan tercipta pendidikan seperti yang diharapkan bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran, Seni Musik
Subjects: L Education > L Education (General) > difficulty learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 12:49
Last Modified: 07 Jun 2018 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31300

Actions (login required)

View Item View Item