KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI KELAS V SD NEGERI 1 CIKAWUNG KABUPATEN BANYUMAS


Evita Martini , 1401413031 (2017) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI KELAS V SD NEGERI 1 CIKAWUNG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (753kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar seni budaya dan keterampilan pada materi menggambar ilustrasi. Salah satunya dikarenakan proses pembelajaran yang kurang memanfaatkan metode pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kurang memuaskan dengan rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Keadaan yang demikian mendorong penulis untuk menerapkan alternatif metode pembelajaran, yaitu metode Outdoor Study. Metode Outdoor Study merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kreativitas dan merangsang daya imajinasi siswa dalam menggambar ilustrasi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penerapan metode Outdoor Study pada materi menggambar ilustrasi di SD Negeri 1 Cikawung Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Cikawung tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 47 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene’s untuk uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan metode Outdoor Study dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 78,26 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 65,54. Hal tersebut juga dibuktikan dengan penghitungan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 21, nilai thitung > ttabel yaitu 6,121 > 2,014 serta nilai signifikan yang kurang dari 0,05 yaitu 0,000, selain itu dengan metode Outdoor Study dan data yang diperoleh untuk menguji keefektifan membuktikan dengan penghitungan One Sample t Test pada SPSS 21, nilai thitung > ttabel yaitu 10,377 > 1,717. Rata-rata minat belajar siswa yang menerapkan metode Outdoor Study sebesar 87,65, sedangkan rata-rata minat di kelas kontrol 77,00. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa metode Outdoor Study terbukti efektif dalam menumbuhkan minat dan hasil belajar siswa pada materi menggambar ilustrasi di SD Negeri 1 Cikawung Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Outdoor Study, Menggambar, Minat
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:30
Last Modified: 21 May 2018 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31038

Actions (login required)

View Item View Item