KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS WANAPATI KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN


Putri Rahmaningsih , 1401413015 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS WANAPATI KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SD Gugus Wanapati dalam pembelajaran matematika guru menggunakan model pembelajaran mirip dengan sintaks model STAD namun dalam pelaksanaannya belum optimal. Dilihat dari hasil belajar siswa sebanyak 0,9% mencapai KKM dan 99,1% tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Upaya mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model TAI. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Wanapati dengan model pembelajaran TAI dapat mencapai KKM, (2) mengetahui model pembelajaran TAI lebih efektif daripada model pembelajaran di kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Wanapati, (3) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas V SD Gugus Wanapati pada mata pelajaran matematika, (4) mendeskripsikan aktivitas guru kelas V SD Gugus Wanapati pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian adalah quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasinya adalah semua siswa kelas V SD Gugus Wanapati Karangsambung Kabupaten Kebumen. Sampel menggunakan teknik cluster random sampling didapat SDN 1 Kalikudu sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model TAI dan SDN Pencil sebanyak 25 siswa dengan model seperti yang biasa guru lakukan di kelas. Hasil penelitian (1) hasil belajar siswa kelas eksperimen 87,29 dan kelas kontrol 76,98 serta keduanya mencapai KKM. (2) keefektifan model TAI diperoleh nilai thitung (3,976)>ttabel (2,021) serta didukung menggunakan nilai gain thitung (5,792) > ttabel (2,021) dan nilai N-gain thitung (5,221)>ttabel (2,021). Dari hasil uji keefektifan, rata-rata gain pada kelas eksperimen 69,3 dan kelas kontrol 49,1. Sedangkan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen 0,84 dan kelas kontrol 0,68 sehingga peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dikategorikan tinggi. (3) persentase aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setiap pertemuan meningkat. (4) persentase aktivitas guru kelas eksperimen dan kelas kontrol setiap pertemuan meningkat dengan rata-rata 70% dan 64%. Dari keempat hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa model TAI dan kelas kontrol mencapai KKM serta model pembelajaran TAI lebih efektif daripada model di kelas kontrol. Saran dari peneliti model TAI dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika; TAI.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:29
Last Modified: 21 May 2018 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31028

Actions (login required)

View Item View Item