PENGEMBANGAN MEDIA KETERAMPILAN MEMBACA PUISI BERBASIS ANDROID BAGI PESERTA DIDIK GAYA BELAJAR AUDITORIS PADA JENJANG SMA
Nugraha Ardi Setyawan , 2101413071 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA KETERAMPILAN MEMBACA PUISI BERBASIS ANDROID BAGI PESERTA DIDIK GAYA BELAJAR AUDITORIS PADA JENJANG SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ketersediaan media untuk pembelajaran membaca puisi masih jarang ditemukan dan digunakan oleh pendidik. Pendidik hanya mengandalkan media yang masih konvensional seperti penggunaan video pembacaan puisi dan buku teks saja. hal tersebut sangatlah berdampak pada tingkat keberhasilan pembelajaran membaca puisi. Selain dari media, di lapangan juga ditemukannya masalah tentang metode yang digunakan pendidik. Metode tersebut kurang menarik untuk era globalisasi saat ini yang penuh dengan teknologi-teknologi seperti komputer, laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Selain memperhatikan permasalahan tersebut ada hal tentang gaya belajar peserta didik yang tidak dapat dipisahkan terutama gaya belajar auditoris yang sangatlah sedikit perbandinganya dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Gaya belajar auditoris sangatlah cocok dengan keterampilan membaca puisi yang mengutamakan indera pendengaran serta kartakteristiknya yang sama dengan tahapan membaca puisi. Berdasarkan hal-hal tersebut dalam mengembangkan media, peneliti mengembangkan media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik gaya belajar auditoris pada jenjang SMA. Penelitian ini bertujuan (1) bagaimana karakteristik media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik dengan gaya belajar auditoris pada jenjang SMA, (2) bagaimana prinsip-prinsip pengembangan media keterampilan membaca puisi berbasis bagi peserta didik dengan gaya belajar auditoris pada jenjang SMA, (3) bagaimana prototipe media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik dengan gaya belajar auditoris pada jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk akhir. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi gaya belajar peserta didik dan validasi gaya belajar peserta didik. Data selanjutnya adalah informasi kebutuhan media dan validasi media. Adapun Sumber data penelitian ini adalah survei gaya belajar auditoris peserta didik, sumber data analisis kebutuhan media yang dipoeroleh dari dua sumber yaitu peserta didik dan pendidik, dan sumber data uji validasi media yang diperoleh dari sumber ahli materi dan ahli media. Karakteristik media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik dengan gaya belajar auditoris pada jenjang pendidikan SMA yang terdiri atas tujuh karakteristik, yaitu (a) menggunakan perangkat mobile atau perangkat portible, (b) memanfaatkan perangkat dan teknologi bergerak, (c) praktis di bawa ke mana pun, (d) sifatnya yang mobile dan terkoneksi dengan internet, (e) peran pendidik dalam mobile learning sebagai jembatan penghubung pendukung atau fasilitator, atau untuk memberikan bimbingan dalam belajar, (f) ketersediaan materi ajar yang dapat diakses setiap saat dan visualisasi yang menarik, dan (g) penggunaan mobile learning tidak terbatas pada ruang dan waktu. Prinsip-prinsip media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik dengan gaya belajar auditoris pada jenjang pendidikan SMA meliputi kaidah isi dan kaidah penyajian. Adapun prinsip dalam media ini yaitu, (a) merumuskan tujuan intruksional dengan operasional yang khas, (b) merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan, (c) mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (d) menulis naskah media audio, dan (e) produksi media audio. Keunggulan media ini meliputi (a) dapat operasikan di mana saja dan kapan saja tidak bergantung pada tempat dan waktu, (b) pengguna atau peserta didik dapat berkomunikasi dengan pendidik dengan menggunakan menu pesan yang terdapat pada aplikasi media ini, dan (c) media terampil membaca puisi ini memiliki ukuran file yang sangat kecil kurang lebih 10Mb. Adapun keterbatasan media ini meliputi, (a) media hanya dapat ditujukan pada pengguna atau peserta didik yang memiliki gaya belajar auditoris, (b) tipografi teks puisi yang ada pada media ini tidak sesuai dengan tipografi sebenarnya, dan (c) pada submenu belajar notasi puisi dan latihan notasi puisi, hanya terbatas pada pemenggalan saat pembacaan saja atau enjambemen dengan memberikan tanda “/” atau “//”. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan dalam penelitian ini, peneliti merekomendasikan beberapa saran, yaitu 1) Media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik gaya belajar auditoris hendaknya digunakan sebagai media untuk mendukung dalam pembelajaran terampil membaca puisi mapun digunakan sebagai alat bantu pada komunitas membaca puisi. 2) Pendidik hendaknya menggunakan media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik gaya belajar auditoris untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada keterampilan membaca puisi. 3)Hendaknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melakukan uji coba keefektifan protoitpe media keterampilan membaca puisi berbasis android bagi peserta didik gaya belajar auditoris pada jenjang SMA dalam keterampilan membaca puisi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: membaca puisi, media pembelajaran, media puisi, android, auditoris |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 13 Mar 2018 11:33 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 11:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30270 |
Actions (login required)
View Item |