ACADEMIC BUOYANCY PADA MAHASISWA PSIKOLOGI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Erna Resetiana , 1511410040 (2017) ACADEMIC BUOYANCY PADA MAHASISWA PSIKOLOGI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (902kB) | Preview |
Abstract
Academic buoyancy adalah kemampuan individu dalam menghadapi tantangan sehari-hari dalam konteks akademik yang bisa terjadi setiap waktu pada kelompok mayoritas seperti performa akademik yang buruk, deadline tugas, tekanan akademik, atau tugas yang sulit secara efektif. Data studi awal menunjukan academic buoyancy pada mahasiswa laki-laki berbeda dengan mahasiswa perempuan. Tujuan penelitian untuk memberikan gambaran academic buoyancy pada mahasiswa psikologi laki-laki dan perempuan serta membuktikan adakah perbedaan academic buoyancy mahasiswa psikologi laki-laki dengan perempuan. Jenis dan desain penelitian adalah kuantitatif komparasi. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa psikologi angkatan 2013-2016. Teknik sampling menggunakan stratified disproportional random sampling, dengan jumlah 200 responden. Alat ukur penelitian adalah skala academic buoyancy terdiri dari 68 aitem dan dianalisa secara inferensial menggunakan uji parametric independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan academic buoyancy pada mahasiswa psikologi laki-laki dan perempuan dengan nilai t= -1,902 dengan signifikansi 0,059 > 0,05 dengan perbedaan mean empiric pada laki-laki sebesar 192,20 sedangkan pada perempuan sebesar 187,96. Hipotesis dalam penelitian ditolak, mahasiswa psikologi mempunyai tingkat academic buoyancy pada kategori sedang s/d tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada perbedaan academic buoyancy pada mahasiswa psikologi laki-laki dan perempuan. Saran penelitian yaitu tetap berusaha mencapai prestasi, tetap mengaktualisasikan diri secara maksimal, serta berusaha menekan ketakutan dalam mengembangkan diri untuk membuka peluang dalam mencapai keberhasilan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | academic buoyancy, jenis kelamin, mahasiswa psikologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process L Education > LB Theory and practice of education > Dropout Factor L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2018 16:53 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 14:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30175 |
Actions (login required)
View Item |