PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN USAHA PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 MANDIRANCAN


Panduan Pridayyanto , 3101413099 (2017) PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN USAHA PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 MANDIRANCAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (555kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah pendidikan, karena interaksi pembelajaran merupakan kegiatan inti pembelajaran yang dapat menjadi sarana transfer keilmuan antara guru dengan siswa yang terstruktur dan terencana, sehingga akan menjadikan siswa paham akan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui, Mengkaji dan Mendeskripsikan Proses Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Usaha Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Mandirancan; (2) kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran sejarah di kelas; (3) Respon siswa dalam pembelajaran sejarah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Pendekatan kualitatif yang digunakan berjenis naratif. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 1 Mandirancan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teori, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Metode Analisis data menggunakan metode analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran sejarah (1) guru menyisipkan tujuan pembelajaran berdasarkan peristiwa sejarah lokal; Materi dititik beratkan pada aspek sebab-akibat; pemberian penjelasan mendalam pada setiap materi yang disampaikan; menggunakan metode ceramah dan diskusi; guru sebagai sumber belajar utama untuk siswa; materi bersumber dari buku-buku diluar buku teks yang disediakan sekolah; dalam pembelajaran ditanamkan nilainilai dan hikmah yang dapat dipetik oleh siswa; pemberian tugas yang berbedabeda pada setiap kelas dilihat dari karateristik setiap masing-masing kelasnya. (2) Terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran sejarah seperti waktu pelajaran yang terbatas, sarana dan prasarana yang kurang memadai, pemberian treathment yang berbeda-beda untuk setiap kelas baik dari model pembelajaran maupun pemberian tugas, persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer tugas tambahan guru sejarah untuk mengelola LKS, guru sejarah disibukkan dengan tugas administrasi. (3) Siswa menunjukkan respon yang positif dan respon yang negatif pada saat pembelajaran sejarah, namun secara umum dapat dikategorikan siswa menunjukkan respon yang positif. Saran : (1) perlu memprioritaskan materi pembelajaran; (2) pemberian treathment pembelajaran yang sama untuk setiap kelas XI IPA, terutama dalam pemberian tugas; (3) peningkatan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran sejarah oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 11:52
Last Modified: 02 Mar 2018 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item