HUBUNGAN PEMANFAATAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS III SDN GUGUS WISANGGENI KOTA SEMARANG


Kartina , 1401413631 (2017) HUBUNGAN PEMANFAATAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS III SDN GUGUS WISANGGENI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413631.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (881kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Satu diantara beberapa faktor yang memberikan kontribusi terhadap hasil belajar adalah pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dan minat belajar siswa karena perpustakaan sekolah dan minat belajar membantu untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Aktifitas siswa dalam pembelajaran masih rendah; 2) Fasilitas perpustakaan sekolah kurang memadai; 3) Siswa kurang memanfaatkan perpustakaan sekolah; 4) Kurangnya minat siswa dalam belajar; 5) Kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dengan hasil belajar PKn, untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar PKn dan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan minat belajar siswa dengan hasil belajar PKn kelas III SDN Gugus Wisanggeni Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gugus Wisanggeni Kota Semarang dengan jumlah populasi yaitu 172 siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu 119 siswa dengan taraf signifikan 5%. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, dukumentasi, observasi, dan wawancara. Uji validitas, reabilitas dan perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Teknik pengujian hipotesis mengunakan analisis data uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan antara pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dengan hasil belajar PKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,660. (2) ada hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar PKn dengan koefisien 0,625. (3) pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dan minat belajar siswa dengan hasil belajar PKn dengan koefisien 0,730. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dan minat belajar siswa dengan hasil belajar PKn kelas III SDN Gugus Wisanggeni Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat lebih memanfaatkan perpustakaan sekolah dengan sebaik-baiknya yaitu dengan memperbanyak membaca buku dan guru sebaiknya memberikan motivasi pada siswa agar lebih berminat untuk membaca atau meningkatkan minat membaca di perpustakaan seperti merencanakan wajib baca di perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Perpustakaan Sekolah, Minat Belajar, Hasil Belajar PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 15:45
Last Modified: 04 Apr 2019 17:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30040

Actions (login required)

View Item View Item