KEEFEKTIFAN MODEL TPS DAN STAD BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WISANG GENI SEMARANG


Darmahwati , 1401413630 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TPS DAN STAD BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WISANG GENI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413630.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (825kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS membantu siswa dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi, sehingga akan menjadikannya semakin mengerti dan memahami lingkungan sosial masyarakatnya. Data awal yang diperoleh hasil belajar pembelajaran IPS dikelas V masih rendah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru belum inovatif, guru menggunakan model yang sama dalam setiap pembelajaran, sehingga mengakibatkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini bahwa model TPS lebih efektif daripada model STAD. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji model TPS berbantuan video pembelajaran lebih efektif daripada model STAD berbantuan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Semarang; dan 2) menguji hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental Desain dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Semarang yang terdiri dari 5 SDN berjumlah 189 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan uji-t pada kedua kelas, diperoleh thitung = 2,119 dengan dk = 42+31-2 = 71 dan taraf signifikan 5% yaitu didapat ttabel = 1,980. Karena thitung > ttabel (2,856 > 1,980) maka Ho ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model TPS lebih tinggi daripada menggunakan model STAD. Kesimpulannya bahwa: (1) model TPS berbantuan video pembelajaran lebih efektif daripada model STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Semarang; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Semarang. Peneliti menyarankan guru hendaknya dapat memilih model pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada guru dan sesuai dengan siswa dan materi sehingga siswa lebih tertarik, aktif dan senang dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model STAD, model TPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 15:40
Last Modified: 04 Apr 2019 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30039

Actions (login required)

View Item View Item