HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELUARGA DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA TUGU SEMARANG


Raudhatinnura Tsaniya , 1401413626 (2017) HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELUARGA DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA TUGU SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413626.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (892kB) | Preview

Abstract

Keluarga sangat berperan dalam pembentukan karakter dan pencapaian keberhasilan belajar anak. Kurangnya kepedulian orang tua mengenai pendidikan karakter anak membuat anak memiliki kelakuan yang buruk dalam kehidupan bersosial, sehingga rasa tanggung jawab akan belajarnya kurang akibatnya hasil belajar rendah.Sehingga dapat dikatakan bahwa ada kaitannya antara pendidikan karakter di keluarga dan sikap tanggung jawab dengan hasil belajar siswa. tujuan penelitian ini untuk: (1) Menguji hubungan pendidikan karakter di keluarga dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang; (2) Menguji hubungan sikap tanggung jawab dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang; (3) Menguji hubungan pendidikan karakter di keluarga dan sikap tanggung jawab dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional pendekatan kuantitatif dengan dua variabel bebas yaitu pendidikan karakter di keluarga dan sikap tanggung jawab, satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasinya adalah siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Tugu Semarang berjumlah 217 siswa, dan sampel berjumlah 87 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan jenis proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter di keluarga dengan hasil belajar PKn kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang, dengan rhitung lebih besar dari rtabel 0,614>0,208; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap tanggung jawab dengan hasil belajar PKn kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang, dengan rhitung lebih besar dari rtabel 0,635>0,208;(3)terdapat hubungan yang positif dan signifikan pendidikan karakter di keluarga dan sikap tanggung jawab dengan hasil belajar PKn kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang, dengan rhitung lebih besar dari rtabel 0,723>0,208. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pendidikan karakter di keluarga dan sikap tanggung jawab dengan hasil belajar PKn. Saran bagi orangtua khususnya agar meningkatkan pendidikan karakter di keluarga, sehingga sikap tanggung jawab dan hasil belajar anak dapat meningkat dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Keluarga, Sikap Tanggung Jawab, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 15:30
Last Modified: 04 Apr 2019 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30037

Actions (login required)

View Item View Item