PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX MTs NU 01 GRINGSING TAHUN AJARAN 2016/2017
Nurul Huda , 1301413070 (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX MTs NU 01 GRINGSING TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (901kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fenomena di MTS NU 01 Gringsing yang menunjukkan bahwa kecemasan menghadapi ujian nasional yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi konsep diri, dukungan sosial, kecemasan menghadapi ujian nasional, pengaruh antara konsep diri terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional, pengaruh antara dukungan sosial terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional, dan pengaruh antara konsep diri dan dukunganh sosial terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto, bersifat korelasional, dan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsep diri (X1), dukungan sosial (X2) dan variabel terikat adalah kecemasan menghadapi ujian nasional (Y). Populasi penelitian sebanyak 81 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dengan taraf kesalahan 5% dari jumlah siswa dan didapati sampel sejumlah 65 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Validitias diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan deskripsi persentase, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Dari analisis regresi linier sederhana menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional, diperoleh hasil rhitung > rtabel (0.431 > 0,24) dengan nilai sig = 0,000 < 0,05, (2) ada pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional, diperoleh hasil rhitung > rtabel (0.277 > 0,24) dengan nilai sig = 0,027 < 0,05. Dari analisis regresi linier berganda (3) ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan dukungan sosial terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional, diperoleh nilai Fhitung = 16.181 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional, (2) ada pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional, (3) ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan dukungan sosial terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional. Disarankan guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dukungan sosial, kecemasan menghadapi ujian nasional, konsep diri. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > L Education (General) > Motivating Learners L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 15:33 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 15:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29854 |
Actions (login required)
View Item |