EVALUASI PEMANFAATAN PROGRAM E-BUDAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 SEMARANG


Khairul Arifin , 1102413120 (2017) EVALUASI PEMANFAATAN PROGRAM E-BUDAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (751kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya program E-Budaya yang telah dikembangkan pada tahun 2015. Berdasar pada Permendikbud Nomor 54 Tahun 2016 yang menjelaskan tentang rincian tugas pokok dari BPMPK yakni mengembangkan sebuah media pembelajaran yang mengandung unsur kebudayaan. Proses pengembangan yang sudah berlangsung sejak 2015 namun belum melalui tahap evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pada aspek pemanfaatan program E-Budaya yang telah diterapkan dalam pembelajaran di SMP Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif serta menggunakan model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan traingulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program E-Budaya telah terapkan dalam pembelajaran yakni sebagai sumber literasi dalam mata pelajaran seni budaya sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Data utama yang dipakai dalam penelitian ini adalah hasil dari wawancara serta observasi dalam proses kegiatan belajar mengajar, serta dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti perangkat pembelajaran guru. Penentuan kenaikan kelas sekolah melaksanakan penilaian dengan Ujian Kenaikan Kelas dan untuk menentukan kelulusan peserta didik dengan Ujian Nasional. Evaluasi pemanfaatan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana program ini dapat dimanfaatkan dan apakah program ini perlu untuk dikembangkan lagi. Kendala pelaksanaan secara tidak ada, namun dari program itu sendiri masih terdapat kekosongan pada beberapa kontennya. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut yakni guru menggabungkan dengan materi yang sedang diajarkan saat itu. Sehingga saran yang dapat disimpulkan disini adalah mengharapkan agar program ini dapat dikembangkan lagi dengan melengkapi konten yang masih kosong dan juga alangkah baiknya jika dapat dimanfaatkan oleh khalayak umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pemanfaatan, Program, E-Budaya, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 01 Feb 2018 19:36
Last Modified: 01 Feb 2018 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29650

Actions (login required)

View Item View Item