KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI KELAS IV SD DI GUGUS ISMAYA


Femi Widya Asih , 1401412200 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI KELAS IV SD DI GUGUS ISMAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412200.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (320kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah pendidikan pengetahuan, sikap mental, nilai-nilai dan perilaku yang menjunjung tinggi demokrasi. Berdasarkan pra penelitian di kelas IV SD di gugus Ismaya Banyumas bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi globalisasi masih rendah, ditunjukan guru belum terbiasa menggunakan model pembelajaran inovatif, belum dapat menciptakan pembelajaran kritis, karena guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan diskusi. Rumusan adalah apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray(TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SDN di gugus Ismaya?Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas IV SDN di gugus Ismaya?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray(TSTS) lebih efektif diibandingkan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SDN di gugus Ismaya. Untuk mengetahui aktifitas siswa dalam pembelajaran PKn materi Globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelass IV SDN di gugus Ismaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas IV SDN gugus Ismaya yang terdiri dari 5 SD. Kemudian 5 SD tersebut diambil sebagai sampel 2 SD yaitu kelas IV SDN Piasa 01 dan SDN Mengangkang 01. Variabel bebas dan terikat. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, Ngain. Hasil perhitungan dimana harga t-hitung sebesar 3,702 dan 3,718 lebih besar dibandingkan dengan harga t-tabel yaitu sebesar 2,000 (3,702 < 3,718) dan signifikasi (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji gain nilai gain kelas eksperimen yaitu 0,503 termasuk kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 0,287 termasuk kategori rendah. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) efektif digunakan pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Globalisasi siswa kelas IV SDN di Gugus Ismaya. Saran peneliti adalah guru menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampian siswa dalam berbicara dan bersosialisasi dengan teman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PKn, Two Stay Two Stray, Hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29262

Actions (login required)

View Item View Item