PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN KREATIVITAS MENGGAMBAR IMAJINATIF SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DWIJAWIATA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS


Fasiha Khairunnisa , 1401412193 (2016) PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN KREATIVITAS MENGGAMBAR IMAJINATIF SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DWIJAWIATA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412193.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (350kB) | Preview

Abstract

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Kurikulum 2006 menjelaskan bahwa mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya. Pembelajaran SBK di sekolah dasar terdiri dari seni rupa, seni musik, seni tari dan drama serta keterampilan. Seni digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas secara optimal berbagai potensi yang dimiliki siswa. Kreativitas berkarya semi diartikan sebagai kemampuan menemukan, mencipta, membuat, merancang ulang dan memadukan sesuatu gagasan. Ketika pembelajaran menggambar, guru seharusnya tidak menuntut gambar siswa yang dihasilkan harus sempurna. Hal tersebut akan mengurangi keberanian siswa dalam menggambar. Namun kenyataanya konsep pembelajaran SBK khususnya pada materi menggambar imajinatif belum sepenuhnya diterapkan di kelas V SD Negeri se-Gugus Dwijawiata Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Dwijawiata Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas yang berjumlah 146 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yang digunakan peneliti yaitu Probability Sampling dengan jenis simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 107 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Penghitungan data dianalisis menggunakan uji multivariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) signifikansi < 0,05 pada multivariate test yakni 0,020 yang artinya terdapat pengaruh jenis kelamin siswa terhadap motivasi dan kreativitas menggambar imajinatif, (2) variabel motivasi memiliki signifikansi > 0,05 yakni 0,092 yang artinya tidak ada perbedaan jenis kelamin siswa terhadap motivasi, (3) variabel kreativitas menggambar memiliki signifikansi > 0,05 yakni 0,092 yang artinya ada perbedaan jenis kelamin siswa terhadap motivasi, (4) nilai korelasi antara jenis kelamin siswa dengan motivasi sebesar 0,164 artinya terdapat hubungan yang sangat rendah antara jenis kelamin siswa terhadap motivasi, atau hanya berpengaruh 2,68% (5) nilai korelasi jenis kelamin siswa dengan kreativitas menggambar imajinatif sebesar 0,245 artinya terdapat hubungan yang rendah antara jenis kelamin siswa terhadap kreativitas menggambar imajinatif atau hanya berpengaruh 6,00%. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka hendaknya guru harus bisa mengetahui dan memahami seberapa besar motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran menggambar. Selain itu, guru harus mengetahui kemampuan siswa dalam menggambar mengingat tingkat kreativitas antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan sangat berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: jenis kelamin; kreativitas menggambar imajinatif; motivasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:57
Last Modified: 18 Jan 2018 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29257

Actions (login required)

View Item View Item