PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA AKTIF-PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SD GUGUS ROBERT WOLTER MONGINSIDI KALIWUNGU KENDAL


Atika Tri Widi Astuti , 1401412176 (2016) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA AKTIF-PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SD GUGUS ROBERT WOLTER MONGINSIDI KALIWUNGU KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412176.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (653kB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan bahasa manusia dapat mengekspresikan gagasannya dalam bentuk karya sastra. Namun sebagian besar siswa kelas V SD gugus Robert Wolter Monginsidi Kaliwungu Kendal belum terampil dalam menulis. Banyak faktor yang melatar belakangi hal tersebut salah satunya adalah kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa, sehingga siswa kesulitan untuk mengekspresikan ide mereka ke dalam sebuah tulisan. Berdasarkan permasalah tersebut, tujuan penelitian ini yaitu mengetahui: (1) hubungan antara penguasaan kosakata aktif-produktif terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa, dan (2) pengaruh antara penguasaan kosakata aktif-produktif terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD gugus Robert Wolter Monginsidi Kaliwungu Kendal sebanyak 236 siswa. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel sebesar 30% dari total populasi dengan teknik pengambilan Simple Random Sampling. Pengambilan data menggunakan tes penguasaan kosakata berjumlah 30 soal dan tes kemampuan menulis puisi bebas menggunakan tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan rumus korelasi product moment, sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, homogenetas, dan linieritas. Menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Pengolahan data dibantu dengan SPSS for windows 20. Berdasarkan hasil penelitian didapat rhitumg = 0,520 > rtabel = 0,235 dengan taraf kesalahan 5%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penguasaan kosakata aktif-produktif terhadap kemampuan menulis puisi bebas. Berdasarkan hasil analisis determinasi diperoleh nilai koefisien R Square adalah 0,271, maka sebesar 27,1% variabel kemampuan menulis puisi bebas dapat dipengaruhi oleh variabel penguasaan kosakata aktif-produktif, sedangkan sisanya 72,9% dipengaruhi oleh sebab lain. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 5,023 dan nilai Sig. kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sedangkan konstanta (a) = 48,808, dan nilai koefisien arah regresi (b) = 0,362, maka setiap kenaikan skor kosakata aktif-produktif sebesar satu satuan akan menyebabkan skor kemampuan menulis puisi bebas siswa mengalami kenaikan sebesar 0,362 satuan pada arah yang sama. Simpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh yang positif antara penguasaan kosakata aktif-produktif terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V SD gugus Robert Wolter Monginsidi Kaliwungu Kendal” dapat diterima. Saran bagi guru, hendaknya guru dapat menstimulus siswa agar meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia yang dimiliki, dengan cara memberikan instruksi untuk membaca di perpustakaan. Saran bagi siswa agar memperkaya kosakata dan memperdalam pengetahuan kesastraannya serta menumbuhkan niat untuk menyukai menulis khususnya menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, penguasaan kosakata aktif-produktif, menulis puisi bebas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 14:09
Last Modified: 18 Jan 2018 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29251

Actions (login required)

View Item View Item