PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEGUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

RAVITA DEASY RAHMAWATI , 1401412180 (2016) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEGUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Ruang lingkup pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar sesuai dengan KTSP meliputi keterampilan berbicara, menulis, menyimak, dan membaca. Dari keterampilan berbahasa tersebut yang paling banyak dilakukan setiap orang adalah berbicara. Keterampilan berbicara akan lebih baik jika memiliki penguasaan kosakata yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan kosakata siswa terhadap kemampuan berbicara (menggunakan rangsang gambar) pada siswa kelas IV SD Negeri se-gugus Srikandi Kota Semarang. Jenis penelitan ini adalah kuantitatif dengan rancangan hubungan kausal nonexperimental. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri se-gugus Srikandi Kota Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa yang diambil dari seluruh sekolah secara acak dan proporsional. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes (unjuk kerja). Analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi sederhana. Berdasarkan indikator tes penguasaan kosakata dan kemampuan berbicara (menggunakan rangsang gambar) yang telah dikaji sesuai landasan teori, penguasaan kosakata siswa kemampuan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar negeri se-Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang sebagian besar berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara menggunakan rangsang gambar pada siswa kelas IV SD Negeri segugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang sebesar 0,655 dengan tingkat hubungan kuat dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara menggunakan rangsang gambar pada siswa kelas IV SD Negeri se-gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, yaitu sebesar 43%. Saran yang dapat diberikan sebagai berikut: (1) bagi guru, senantiasa meningkatkan perbendaharaan kata yang dimiliki oleh siswa dan kemampuan berbicara siswa; (2) bagi siswa, diharapkan selalu meningkatkan penguasaan kosakatanya dengan cara membaca bacaan yang sesuai dengan usia mereka atau menonton tayangan TV dengan pengawasan orang tua. Sehingga jika ada kosakata baru yang belum siswa mengerti, siswa akan mencari arti dari kosakata tersebut atau menanyakan kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penguasaan kosakata, kemampuan berbicara
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 09:09
Last Modified: 18 Jan 2018 09:09

Actions (login required)

View Item