KEEFEKTIFAN MODEL PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM KELAS IV SDN GUGUS SULTAN FATAH DEMAK
Hesti Jamiliyah , 1401412120 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM KELAS IV SDN GUGUS SULTAN FATAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (337kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi padapembelajaran IPA di kelas IV SDN Gugus Sultan Fatah Demak menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang nilainya di bawah KKM yaitu 70. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum terformat model pembelajaran inovatif, sehingga keaktifan peserta didik dalam pembelajaran belum terlihat. Selain itu, kegiatan diskusi berpasangan belum dijalankan dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Pair Checklebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi dampak pengambilan bahan alam kelas IV SDN Gugus Sultan Fatah Demak? dengan tujuan penelitian yaitu mengetahui keefektifan model Pair Checkterhadap hasil belajar IPA materi dampak pengambilan bahan alam kelas IV SDN Gugus Sultan Fatah Demak. Desain penelitian eksperimen yaitu nonequivalent control group. Sampel penelitian adalah 32 siswa kelas IV SDN Jatirogo sebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa kelas IV SDN Serangan 1 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran. Uji Liliefors untuk normalitas data, uji Barlett untuk homogenitas populasi, Uji F untuk kesamaan dua varian sampel, uji T untuk perbedaan rerata hasil serta uji Gain untuk peningkatan hasil belajar. Perhitungan tersebut dibantu program microsoft excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (6,53) > ttabel (2,06), sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Rata-rata postest kelompok eksperimen yaitu 78,25 lebih besar daripada rata-rata postest kelompok kontrol yaitu 73,78. Peningkatan hasil belajar dengan model Pair Check sebesar 0,37 termasuk kategori sedang. Simpulan penelitian adalah model Pair Check lebih efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Fatah Demak. Saran yang diberikan yaitu perlunya penjelasan dan latihan sebelum pelaksanaan pembelajaran Pair Checkagar guru dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran dengan benar dan tertib sesuai tujuan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; IPA; model Pair Check. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 18:54 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 18:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29163 |
Actions (login required)
View Item |