KEEFEKTIFAN MODEL NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 01 SEMARANG


Putri Ayuningtyas , 1401412095 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (694kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah model NHT (Numbered Heads Together) lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam siswa kelas IV SDNKalibanteng Kidul 01 Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan model NHT terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 85 siswa. Penelitian ini adalah penelitian sampel yang terdiri dari 43 siswa kelas IVC (kelas eksperimen) dan 42 siswa kelas IVB (kelas kontrol). Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi sumber daya alam. Variabel bebasnya adalah model NHT. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan uraian. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model NHT efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelompok eksperimen sebesar 85,5 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 72,6. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (3,18) > ttabel (1,96) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model NHT lebih besar dibandingkan model konvensional. Hasil uji N-Gain kelas kontrol sebesar 0,28 (rendah), sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,60 (sedang). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa model NHT lebih efektif dibandingkan model konvensional. Simpulan dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya keefektifan model NHT dapat dijadikan alternatif agar diterapkan dalam pembelajaran IPA karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam daripada menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model NHT, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Jan 2018 18:09
Last Modified: 15 Jan 2018 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29150

Actions (login required)

View Item View Item